Sukses

Inilah Daftar Makanan & Minuman untuk Kulit Awet Muda

Anda ingin kulit awet muda? Mulailah jeli untuk memasukan makanan & minuman berikut ini di menu keseharian Anda. Berikut selengkapnya oleh dr. Kartika Mayasari di sini.

KlikDokter.com - Kulit adalah bagian terbesar dari tubuh yang paling mudah terlihat. Menjaga kelembapan kulit termasuk kunci utama untuk memperoleh kulit awet muda. Saat ini banyak produk kecantikan yang menjanjikan mampu menjaga kelembaban kulit.  Salah satu fungsi terpenting dari menjaga kelembaban kulit adalah pencegahan timbulnya penuaan dini. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat tertentu, kulit Anda akan terjaga dari adanya kerusakan dan efek penuaan akibat sinar ultraviolet, sehingga menjadikan kulit awet muda.

Kulit awet muda difaktori oleh proses regenerasi sel kulit. Sel-sel kulit pada manusia umumnya dapat regenerasi sel dengan cepat. Tapi ada beberapa penghalang yang bisa menyebabkan kerja dari regenerasi sel yang rusak tersebut terhambat misalnya sinar matahari, cuaca, perubahan suhu udara, radikal bebas, berkurangnya kelembaban dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kelembaban, sehingga bisa mendapatkan kulit awet muda:

1. Antioksidan

Banyak dermatologists percaya bahwa antioksidan utama (vitamin A, C, dan E) dapat membantu mengurangi risiko sinar matahari dan kerusakan lingkungan lainnya dengan melawan ‘radikal bebas’ sebagai penyebab kerutan pada kulit – radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel.

  • Vitamin A. Sebuah penelitian terbaru dari pria dan wanita sehat di Belanda menemukan hubungan yang signifikan antara tingkat vitamin A dalam kondisi darah dan kulit. Mendapatkan karotenoid pada tubuh Anda (phytochemical yang diubah tubuh menjadi vitamin A) dari makanan adalah cara yang paling tepat dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen. Sumber makanan yang kaya akan vitamin A adalah wortel, labu, ubi jalar, butternut squash, mangga, bayam, melon,  dan jus tomat-sayuran.
  • Vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C maka sudah dipastikan kulit Anda akan terhindar dari kulit kering. Sumber makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, paprika merah dan hijau, melon, jus tomat-sayuran, brokoli, mangga, dan kembang kol.
  • Vitamin E.  Makanan sumber vitamin E adalah minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, bayam, dan asparagus.

2. Makanan yang mengandung sumber omega 3

Omega 3 adalah dari jenis lemak tak jenuh ganda, yang merupakan nutrisi luar biasa yang tidak hanya dapat memerangi dan mencegah penyakit tapi juga membuat kulit awet muda. Jenis lemak ini sangat bermanfaat dan sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh manusia. Ada tiga jenis asam lemak dari Omega 3, yaitu:

  • ALA (Asam Alfa Linolenat),
  • EPA (Asam Eicosapentaenoic), dan
  • DHA (Docosahexaenoic Acid).

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, dan harus diperoleh melalui sumber makanan yang kita makan. ALA terutama terdapat dalam minyak nabati,  seperti minyak biji rami, biji matahari, atau kacang-kacangan dan biji-bijian lain. Sementara EPA dan DHA dapat diperoleh dari minyak dan ikan laut.

Omega 3 dengan kontennya yang disebut ERP dan DHA, memiliki beberapa manfaat untuk mendapatkan kulit awet muda, antara lain:

  • Berguna untuk mengobati dan mencegah masalah penyakit kulit,  seperti psoriasis, alergi dan jerawat.
  • Juga memiliki sifat sebagai tabir surya alami, yang membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya.
  • ERP dan DHA juga membantu untuk merevitalisasi dan meremajakan kulit.
  • Menjaga kelembaban kulit dan mengurangi melanin untuk meningkatkan dan mempertahankan warna kulit yang sehat.

Lebih tepatnya bisa dikatakan akan membantu membuat kulit terlihat halus, cerah, bercahaya, lembut, lembab dan kulit awet muda.

0 Komentar

Belum ada komentar