HomeInfo SehatKulitPenyebab Kulit Gatal
Kulit

Penyebab Kulit Gatal

dr. Kartika Mayasari, 30 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kulit gatal umumnya wajar, tapi buat Anda yang belum tahu, kulit gatal umum disebabkan oleh beberapa penyakit yang tidak dapat disepelekan. Berikut penjelasan selengkapnya di sini.

Penyebab Kulit Gatal

KlikDokter.com - Pruritus adalah sensasi tidak menyenangkan yang membangkitkan keinginan untuk menggaruk. Keadaan ini biasa disebut GATAL. Gatal dapat terbatas pada daerah tertentu, atau bisa menyeluruh.

Penyebab kulit gatal bisa disebabkan karena kulit yang sensitif, atau karena penyakit kulit lainnya seperti:

  • Infestasi parasit (scabies, pedikulosis),
  • gigitan serangga,
  • kaligata dermatitis kontak,
  • dermatitis atopik, dan
  • dermatitis alergia.

Kulit gatal bisa pula disebabkan oleh penyakit sistemik (Penyakit dalam) seperti penyakit hati (kuning), gagal ginjal, leukemia, limfoma atau penyakit darah lainnya

Sebenarnya gatal-gatal pada kulit itu bukanlah suatu penyakit yang sangat mengkhawatirkan, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa diobati secara maksimal, kulit gatal akan menjadi masalah lain yang cukup serius bagi kesehatan kulit, antara lain:

  • Seperti luka garukan akan jadi infeksi,
  • Mudahnya bakteri dan virus masuk kedalam sel-sel kulit sehingga dapat menyebabkan borok,
  • Menjadi penyakit kulit yang akut. Nah hal itu bisa juga dapat menganggu kesehatan bagian tubuh lain dan akan berakibat fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Kulit Gatal: Eksim

Beberapa penyakit kulit dengan keluhan kulit gatal ini misalnya eksim. Eksim adalah Penyakit kulit yang disebabkan oleh demam atau alergi. Wajah, tangan, kaki, siku, area belakang lutut, itulah yang sering jadi sasaran penyakit eksim ini. Penderita yang mengalami penyakit semacam akan sangat sensitif terhadap pakaian yang terbuat dari wol, pelembut kain dan cuaca kering. 

Penyebab Kulit Gatal: Jerawat

Jerawat juga merupakan penyakit kulit yang cukup menyebalkan. Disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak di bawah kulit.

Penyebab Kulit Gatal: Impetigo

Kulit gatal akibat impetigo juga merupakan salah satu penyakit kulit oleh bakteri. Penyakit ini banyak diderita oleh anak-anak yang berusia 2-6 tahun. 

Penyebab Kulit Gatal: Psoriasis

Kulit gatal bisa jadi disebabkan oleh psoriasis. Psoriasis, juga salah satu jenis penyakit kulit disebabkan karena  stres, trauma dan tingkat kalsium rendah. Penyakit ini tak menular.  Ciri khasnya  adalah bercak merah,  bersisik tebal dan menempel berlapis-lapis, dan makin lama bisa meluas.

Jenis penyakit gatal namun berbahaya bila tak segera diobati adalah Melanoma, yakni sejenis kanker kulit yang sebabkan perubahan tahi lalat pada kulit. Tahi lalat ini bisa membesar yang bisa muncul pada leher atau kulit kepala.

Masalah KulitkulitpenyebabGatalKulit GatalPenyebab Kulit

Konsultasi Dokter Terkait