Sukses

5 Benda Anak yang Jarang Bebas Kuman

Anda wajib mengetahui 5 benda yang sering hadir di sekitar anak berikut ini. Pasalnya, 5 benda ini jarang sekali bebas kuman. Berikut selengkapnya info bersama dr. Jessica Florencia di sini.

KlikDokter.com – Kuman dapat ditemukan di mana saja, namun tidak kasat mata karena ukurannya yang terlalu kecil. Benda-benda di sekeliling kita dapat secara tidak sadar menghantarkan kuman kepada Si Kecil dan menyebabkan penyakit, karena banyak di antaranya yang tidak bebas kuman. Mari kita mengenali benda-benda yang dapat membawa kuman ke Si Kecil:

1. Mainan

Benda kesayangan Si Kecil seperti boneka atau mobil-mobilan yang dibawanya ke mana pun ia pergi dapat menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Mainan anak tidak bebas kuman dan sering bersentuhan dengan tangan. Mainan juga dapat jatuh ke lantai atau dibiarkan tergeletak tidak dibersihkan sehingga menyebabkan kuman menempel pada mainan. Anda pasti tidak ingin membayangkan jika Si Kecil memasukkan mainan tersebut ke dalam mulutnya?!

2. Gadget

Layar handphone, tablet, keyboard komputer adalah benda-benda yang sangat jauh dari kategori bebas kuman. Ketika Si Kecil bermain-main dengan teknologi ini maka secara langsung kuman-kuman yang bertengger pada benda-benda tersebut akan bersentuhan dengan tangan dan dapat menimbulkan penyakit bila kontak dengan mulut atau mata.

3. Bantal dan Guling

Bantal dan Guling tidak diragukan lagi merupakan benda yang tidak bebas kuman. Tentu tidak salah bila Si Kecil bermain dengan bantal yang lembut dan nyaman, tetapi perlu diperhatikan kebersihannya. Jangan lupa untuk rutin mengganti sarung bantal dan menjemurnya agar bakteri, virus, atau jamur tidak bertengger dan mengancam kesehatan Si Kecil.

4. Karpet

Salah satu bagian dari rumah yang menyimpan kuman dalam jumlah yang sangat besar adalah karpet. Tahukah Anda bahwa menurut riset yang dilakukan oleh New York University, karpet dapat mengandung 31.000 kuman/cm2??!! Hal ini memang mengerikan, tetapi hal ini tidak perlu terlalu mengkhawatirkan bila karpet sering dibersihkan secara teratur dan Si Kecil memperhatikan kebersihan tangan setelah bermain di atas karpet. Memang tidak dapat bebas kuman 100%, namun dengan dibersihkan secara teratur bisa mencegah risiko infeksi kuman pada anak.

5. Tangan Ayah atau Bunda

Tangan adalah bagian tubuh yang paling membahayakan jika kotor. Apalagi tangan Ayah atau Bunda yang sering menggendong, mengelus, menyiapkan makanan Si Kecil, menyuapi Si Kecil, atau memandikan Si Kecil. Untuk itu, Ayah dan Bunda adalah 2 orang utama yang harus memperhatikan kebersihan tangannya agar tidak menjadi sumber penularan penyakit bagi Si Kecil. Hal ini tentu berlaku bagi semua anggota keluarga yang turut mengasuh dan bermain dengan Si Kecil.

Jadi, jangan anggap remeh benda-benda di sekitar Si Kecil yang jarang sekali bebas kuman, termasuk diri Anda sendiri. Mencegah, selalu lebih mudah dari pada mengobati. Cucilah tangan Anda, jadikanlah kebiasaan, dan turunkanlah kebiasaan baik ini pada anak-anak Anda agar bebas kuman guna masa depan yang lebih sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar