Sukses

Cara Mengatasi Anak Sakit Akibat Perubahan Cuaca

Anak sakit akibat perubahan cuaca sering dianggap wajar. Padahal ada penyakit yang dapat membahayakan nyawa. Berikut selengkapnya penjelasan dr. Jessica Florencia di sini.

KlikDokter.com – Masa-masa peralihan musim merupakan masa-masa yang mengkhawatirkan. Pada masa peralihan musim, keadaan lingkungan menjadi lembap dan hangat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Dalam suasana seperti inilah, mikroorganisme dapat tumbuh subur dan pesat. Tak ayal, masa-masa ini dikenal dengan masa-masa anak sakit akibat perubahan cuaca.

Di masa-masa inilah, berbagai penyakit mengancam Si Kecil dengan serius. Berikut ini dua penyakit besar mengancam nyawa yang harus diwaspadai adalah:

1. Diare

Diare adalah penyebab tersering pada kondisi anak sakit akibat perubahan cuaca. Penyakit Diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu. Meskipun terbilang penyakit yang cukup sering terjadi dan tidak sulit ditangani, Ayah dan Bunda perlu tetap waspada karena diare yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Perhatikan dengan seksama makanan yang dikonsumsi anak Anda. Yakinlah bahwa makanan yang mereka makan, bersih dan aman.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Penyakit lainnya yang sering menjadi penyebab anak sakit akibat perubahan cuaca adalah infeksi salurang pernapasan akut, atau ISPA. Penyebab ISPA dapat berupa bakteri atau virus. Gejala utama dapat berupa batuk dan demam, kalau berat dapat disertai sesak napas, nyeri dada dan lain-lain.

Untuk mencegahnya, Ayah dan Bunda perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup.

Selain itu, satu langkah penting yang berperan besar dalam pencegahan anak sakit akibat perubahan cuaca di atas adalah mencuci tangan, terutama dengan menggunakan sabun. Dua penyakit di atas disebabkan karena tangan yang kotor baik karena memegang benda-benda kotor atau karena bersentuhan dengan teman-teman yang sedang sakit.

Dengan mencuci tangan dengan sabun, penularan penyakit lewat tangan kotor yang menyebabkan anak sakit akibat perubahan cuaca dapat dikurangi. Terlebih lagi, dengan mencuci tangan yang benar, daerah tersembunyi seperti kuku dan sela jari dapat dibersihkan dengan lebih baik. Jangan sepelekan hal-hal sederhana yang dapat Ayah dan Bunda lakukan untuk mencegah penyakit. Karena seperti kata pepatah, penyesalan selalu datang terlambat bukan?

0 Komentar

Belum ada komentar