Sukses

Diare pada Anak Tidak Melulu Salah Makanan

Diare pada anak dapat membahayakan nyawa. Orangtua pun perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan diare pada anak sehingga penyakit ini dapat dicegah. Berikut selengkapnya.

KlikDokter.com – Kita makan apa yang kita sentuh! Diare pada anak dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Kuman-kuman penyebab diare ini dapat menyebabkan sakit pada manusia lewat proses transmisi yang sebagian besar ditularkan lewat tangan ke mulut. Makanan dan tangan yang kotor mengandung mikroorganisme penyebab diare pada anak.

Menghindari diare pada anak dengan menjaga kebersihan makanan nampaknya lebih mudah dilakukan. Memiilih tempat penjualan makanan yang bersih dan memperhatikan bahan dan asal makanan, dapat menjadi kunci penting untuk menghindari diare pada anak karena makanan yang kotor.

Lain halnya dengan kebersihan tangan. Kebiasaan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan masih belum melekat pada diri masyarakat Indonesia, sehingga kejadian diare pada anak lebih sering terjadi disebabkan karena TANGAN yang kotor.

Tangan bertanggung jawab terhadap 80% penyakit yang terjadi. Penularan penyakit lewat tangan begitu luas mulai dari penyakit saluran napas, penyakit kulit, hingga penyakit saluran cerna. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa apapun yang disentuh oleh tangan kita, itulah yang masuk ke dalam saluran cerna kita dan menjadikan diare pada anak.

Bayangkan jika Si Kecil baru saja menyentuh bola yang berlumur tanah atau mengelus kucing kesayangan, lalu mengambil kue dan langsung memasukkannya ke dalam mulut, tanpa mencuci tangan. Tidak heran kalau keesokan harinya, langsung terjadi diare pada anak.

Untuk itulah kebiasaan mencuci tangan, terutama dengan sabun, sebelum makan harus diterapkan sejak usia dini. Ketika anak sudah mulai disapih dan diberikan MPASI, anak sudah harus diajarkan untuk mencuci tangan meskipun ibu yang menyuapi. Dengan demikian, kebiasaan tersebut akan menetap dan anak akan terhindar dari banyak sekali penyakit yang mengancam nyawa yang salah satunya diare pada anak.

Ayo buatlah kebiasaan mencuci tangan dengan sabun menjadi kebiasaan keluarga yang dilakukan oleh semua anggota! Anda tidak dapat membayangkan betapa banyaknya hal buruk yang dapat dicegah dengan hanya mencuci tangan dengan sabun.

0 Komentar

Belum ada komentar