Sukses

Hal yang Harus Dilakukan Jika Anak Pilek Tidak Sembuh-sembuh

Anak pilek tidak sembuh-sembuh memang menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Apa yang orangtua bisa lakukan? Berikut info selengkapnya oleh dr. Jessica Florencia di sini

KlikDokter.com – Hatchiii………!!, Hatchiiiii………..!!”, suara bersin anak Anda. Pasti memusingkan bila Si Kecil  terkena pilek, apalagi bila sebentar sembuh, sebentar kambuh lagi. Anak-anak terutama usia kurang dari 5 tahun sering sekali terkena infeksi saluran napas yang ditandai dengan batuk-pilek. Sebagai orangtua, apa yang harus dilakukan bila anak pilek tidak sembuh-sembuh?

Pertama, kita harus mengenali seberapa parah pilek yang dialami. Bila anak pilek tidak sembuh-sembuh disertai dengan keluhan batuk berdahak banyak, kesulitan bernapas, dan demam yang tinggi, ada baiknya untuk membawa anak langsung ke dokter untuk berobat. Namun, bila keluhan terbatas pada batuk dan pilek saja dan tidak berat, maka Anda dapat mencoba memberikan obat warung. Hal yang terlebih penting, anak perlu beristirahat atau tidur yang cukup untuk membantu mempercepat penyembuhan. Bila anak pilek tidak sembuh-sembuh dalam waktu 3 hari, bawalah anak segera berobat ke dokter.

Kedua, berikan minum yang banyak dan makan makanan yang sehat. Minum yang banyak dan makanan yang sehat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan anak pilek tidak sembuh-sembuh.

Ketiga, jagalah kebersihan anak. Hal ini penting agar anak tidak menulari kuman tersebut ke orang lain dan membantu agar anak tidak terkena flu berulang-ulang. Bayangkan bila tangan anak Anda menutup mulut saat bersin atau batuk. Kuman penyebab dapat menempel pada kedua tangannya, dan bila tidak mencuci tangan, kuman tersebut akan dibawa kemana-mana! Jika demikian, jangan heran anak pilek tidak sembuh-sembuh.

Kuman dapat menempel pada setiap benda yang disentuhnya seperti gagang pintu, gadget, makanan, remote control, dan sebagainya.

Oleh karena itu, merupakan hal yang penting untuk menjaga kebersihan dengan mencuci kedua tangan anak agar penyebaran penyakit dapat dibatasi. Cucilah kedua tangan anak dengan air yang bersih dan dengan menggunakan sabun. Jangan lupa, Ayah, Bunda, dan seluruh anggota keluarga juga perlu mencuci tangan dengan sabun pada setiap kesempatan-kesempatan penting. Kalau tidak, Ayah, Bunda, atau anggota keluarga lain akan menjadi sumber penularan batuk-pilek pada Si Kecil. Tentu kita tidak mau anak pilek tidak sembuh-sembuh, kan?

0 Komentar

Belum ada komentar