Sukses

Saat Demam, Kapan Harus Membawa Si Kecil ke Dokter?

Penyebab tersering demam pada Si Kecil umumnya tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi yang memerlukan penanganan segera dari dokter.

KlikDokter.com – Demam merupakan bagian dari cara tubuh mengenyahkan bibit penyakit. Bila ada mikroorganisme memasuki tubuh, entah itu virus, kuman, parasit, atau jamur, suhu tubuh dengan sengaja secara otomatis akan ditingkatkan. Mengapa demikian? Karena pada suhu tubuh di atas normal, bibit penyakit tak betah hidup di dalam tubuh atau akan mati.

Apabila Si Kecil demam, Bunda dapat memberikan acetaminophen untuk menurunkan temperaturnya. Tapi selalu ikuti petunjuk dan aturan pakai sesuai yang tertulis pada kemasan; umur, tinggi, dan berat badan Si Kecil akan menentukan dosis yang diperlukan. Hindari juga memberikan aspirin kepadanya. Aspirin bisa menyebabkan sindrom Reye, yakni penyakit yang ditandai dengan gangguan pembengkakan pada otak dan hati.  

Selain itu, Bunda juga dapat meletakkan kompres hangat di area lipatan tubuhnya (ketiak, lipat paha, leher) dan mengenakannya baju yang tipis agar panas tubuh bisa keluar. Jangan lupa, pastikan ia minum banyak cairan agar tidak dehidrasi.   

Namun, demam pada Si Kecil bisa menjadi berbahaya jika disertai dengan komplikasi. Segeralah hubungi dokter apabila ia mengalami tanda dan gejala berikut ini:

  • Temperatur tubuh mencapai 38,5 celsius atau lebih tinggi
  • Demam berlangsung lebih dari 72 jam
  • Demam disertai dengan leher kaku, sakit tenggorokan, sakit telinga, dan sakit kepala
  • Kejang-kejang
  • Reaksinya kurang responsif

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Nutrition Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1. Morinaga Platinum Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges, dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Kekebalan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

2. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

3. Morinaga Soya Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

4. Morinaga P-HP Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

0 Komentar

Belum ada komentar