Sukses

Menjaga Si Kecil yang Alergi Tetap Aktif Selama Bepergian Jauh

Bepergian jauh bersama anak memang menyenangkan, tapi jangan sampai alergi menghalangi Si Kecil dalam menikmati perjalanan dan aktivitasnya.

KlikDokter.com - Si Kecil pasti senang dengan acara jalan-jalan yang Anda persiapkan untuknya. Anda pun telah siap untuk merancang berbagai acara seru dan menarik. Namun, bagaimana jika buah hati Anda memiliki alergi? Segala sesuatu dapat Anda persiapkan agar Si Kecil tetap aktif selama liburan, walaupun ia memiliki alergi. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Alergi Makanan

Perhatikan makanan yang dikonsumsi Si Kecil di tempat liburan, terutama jika ia memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Jika Anda bersantap di restoran, jangan sungkan untuk menanyakan kepada pelayan mengenai bahan yang terkandung dalam menu tertentu dan informasikan kepadanya mengenai alergi makanan anak Anda.

Jika Anda berniat membeli produk makanan di supermarket setempat, perhatikan dengan seksama label pada produk tersebut. Bacalah dengan teliti, apakah produk makanan tersebut mengandung bahan yang membuat Si Kecil alergi. Jika bepergian dengan pesawat, Anda dapat memesan terlebih dahulu menu makanan khusus bagi Si Kecil yang memiliki alergi tertentu.

2. Alergi Pernapasan

Jika Anda sekeluarga berencana menginap, periksa terlebih dahulu segala sesuatu tentang penginapan tujuan Anda. Bagaimana kebersihannya, apakah diperbolehkan merokok dan membawa binatang peliharaan, dan sebagainya yang berkenaan dengan alergi anak Anda. Jika Si Kecil alergi terhadap tungau, ada baiknya Anda membawa seperangkat seprai yang sudah dipersiapkan dari rumah.

3. Pakaian

Siapkan pakaian yang tepat untuk anak Anda sesuai dengan tempat yang dituju. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu temperatur dan keadaan cuaca daerah tujuan wisata beberapa hari sebelum berangkat. Jika udaranya dingin, siapkan pakaian yang dapat memberinya kehangatan, seperti mantel, topi, syal, dan kaus kaki. Namun jika cuacanya panas, siapkan pakaian tipis menyerap keringat yang terbuat dari katun. Jangan lupa untuk membawa tabir surya dengan SPF minimal 15 agar kulitnya yang sensitif tidak terbakar matahari.

4. Obat-obatan dan Catatan Medis

Anda harus selalu membawa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan oleh Si Kecil. Tidak hanya obat alergi dan asma, namun obat yang penting – atau setidaknya obat untuk penyakit yang pernah dialaminya, seperti obat demam, mual, batuk pilek, diare, dan lain-lain.

Jika karena satu dan lain hal Anda dan keluarga memutuskan untuk berlibur di rumah, jangan biarkan Si Kecil merasa bosan dan berkecil hati. Siapkan berbagai kegiatan yang seru untuk dilakukan bersama, seperti menari, berolahraga, menonton televisi, bermain petak umpet, monopoli, memasak, mendongeng, bermain puzzle, kuis, dan lain-lain.

0 Komentar

Belum ada komentar