Sukses

Serunya Belajar Sains Sambil Bermain

Sains adalah hal yang menarik dan bermanfaat untuk dipelajari Si Kecil.

KlikDokter.com – Jangan salah, belajar sains juga bisa seru dan menyenangkan! Bahkan pengenalan sains sejak dini, jika dilakukan dengan benar, akan mengembangkan kemampuan berpikir logis Si Kecil.

Banyak aktivitas sehari-hari yang bisa digunakan untuk mengenalkan sains kepada buah hati Anda. Misalnya, permainan air yang begitu disenangi anak dapat diarahkan menjadi pelajaran ilmu pengetahuan. Air memiliki karakteristik yang unik. Dengan kegiatan sederhana anak dapat mengenali sifat-sifat air, seperti meneteskan air di koin, mencampur air dengan sabun, serta benda-benda lain yang larut dan tidak larut dalam air. Menyenangkan, bukan?

Pengenalan sains di alam yang lebih terbuka, misalnya taman, juga bisa Anda lakukan. Anda tidak hanya dapat memberikan penjelasan mengenai bunga, tetapi juga mengajak anak menanam biji-bijian. Anak akan senang mengamati bagaimana biji berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman baru.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Si Kecil yang memiliki alergi. Alam terbuka mengandung berbagai macam alergen yang dapat mencetuskan alergi, seperti tanaman, bulu binatang, sengatan atau gigitan serangga, asap rokok, asap kendaraan bermotor, sari bunga, debu, jamur, dan lain-lain. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan perhatian ekstra dalam hal ini.

Walau begitu, jangan biarkan alergi menghalanginya untuk bermain dan belajar sains. Jika aktivitas diselenggarakan oleh sekolah, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan informasi kepada wali kelas anak Anda mengenai alergi yang dimilikinya, dan aktivitas apa yang perlu dibatasi bagi dirinya. Anda juga bisa menitipkan obat yang diperlukan jika gejala alergi timbul kepada wali kelas.

Pertama-tama, Anda harus mengenali terlebih dahulu gejala alergi yang dimiliki oleh anak Anda, yaitu dapat berupa:

  1. Ruam merah gatal pada kulit
  2. Hidung tersumbat, pilek, bersin-bersin
  3. Batuk, sesak napas, mengi
  4. Mata gatal, merah, berair

Jauhkan kegiatan anak dari tempat yang sarat dengan debu, asap kendaraan bermotor, dan asap rokok. Jika ia alergi dengan bulu binatang atau sari bunga, Anda dapat mempersiapkan masker untuk menurunkan risiko alerginya kambuh.

Anda juga harus selalu membawa obat-obatan alergi yang biasa dikonsumsi oleh Si Kecil, jika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda mudah menjangkaunya. Jika perlu, bawalah juga catatan kesehatan Si Kecil untuk memudahkan perekaman dan pengambilan data, karena ia tidak selalu akan mengunjungi dokter atau rumah sakit yang sama.

Namun apabila alergi anak Anda sulit untuk ditanggulangi, akan lebih baik jika ia belajar mengenai sains di dalam ruangan, di mana papar alergen dapat lebih diminimalkan.

0 Komentar

Belum ada komentar