Sukses

8 Barang Wajib Bawa Saat Berlibur dengan Anak yang Alergi

Berlibur dengan anak berarti membawa barang-barang ekstra, terutama jika buah hati Anda memiliki alergi.

KlikDokter.com – Persiapan liburan bukan hanya makanan, tetapi juga barang bawaan. Apabila Anda hendak bepergian bersama Si Kecil, tentu Anda perlu mengemas barang dengan baik serta membawa apa yang perlu dan tidak perlu. Anda pun harus mempersiapkan tambahan barang jika buah hati Anda memiliki alergi. Berikut adalah 8 barang wajib bawa saat berlibur dengan Si Kecil yang alergi:

1. Pakaian Ganti

Selain di koper besar, selalu sediakan satu hingga dua set pakaian ganti untuk Si Kecil pada tas yang selalu dibawa bersama Anda. Anda tidak akan tahu jika Si Kecil yang alergi makanan tiba-tiba muntah karena alergi susu sapinya kambuh, misalnya.

2. Popok

Salah satu gejala alergi makanan adalah diare, oleh karena itu Anda harus berjaga-jaga. Lebih baik membawa popok lebih daripada kekurangan. Terutama jika Anda bepergian di luar negeri, di mana mungkin Anda belum familiar dengan tempat perbelanjaan. Apalagi terkadang harga popok di negara maju lebih mahal.

3. Seprai dan Selimut

Jika Si Kecil alergi tungau atau kutu yang hidup di tempat tidur, ada baiknya Anda berjaga-jaga dengan membawa satu set seprai, sarung bantal, dan selimutnya.

4. Makanan Kecil

Jangan lupa untuk membawa persediaan makanan kecil yang sudah biasa dikonsumsi jika Si Kecil alergi terhadap berbagai jenis makanan.

5. Pakaian Sesuai Temperatur

Persiapkan pakaian yang tepat sesuai dengan temperatur lokasi liburan. Jika dingin, bawalah mantel, topi, syal, kaus kaki, dan sarung tangan yang dapat membuat Si Kecil hangat. Jika udara panas, bawalah pakaian yang terbuat dari katun, tipis, dan menyerap keringat.

6. Catatan Kesehatan

Bawalah buku catatan kesehatan Si Kecil agar dapat terlihat jelas rekaman kesehatan Si Kecil – alergi apa saja yang ia miliki, obat apa saja yang pernah diberikan, vaksinasi apa yang pernah ia dapatkan, dan sebagainya.

7. Obat-obatan

Siapkan selalu obat-obatan yang biasa dikonsumsi Si Kecil, terutama obat antialergi.

8. Makanan

Perhatikan label makanan yang akan Anda berikan kepada Si Kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada bahan yang dapat mencetuskan alerginya.

0 Komentar

Belum ada komentar