Sukses

Kiat Liburan Tetap Seru untuk Anak yang Alergi

Jangan biarkan alergi mengganggu keriaan liburan Anda bersama Si Kecil.

KlikDokter.com - Liburan merupakan saat yang dinantikan oleh setiap anak. Persiapan yang terperinci sangat diperlukan agar liburan Si Kecil menjadi seru dan menyenangkan. Namun jika Si Kecil memiliki alergi, Anda perlu mempertimbangkan rencana liburan dengan lebih  matang agar ia dapat menikmati kegiatan liburan dengan baik.

Alergi terdiri dari berbagai jenis, yang paling umum dialami oleh anak antara lain alergi makanan, alergi zat yang terhirup melalui udara, dan alergi pada kulit. Berikut penjelasan lengkapnya:

Alergi makanan

Bepergian ke tempat yang baru tentunya akan sangat menyenangkan jika dapat mencoba berbagai kuliner yang ada di sana. Apalagi jika jenis makanan tersebut merupakan pengalaman baru bagi Anda dan Si Kecil. Namun perhatikan betul jika anak Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, karena ia tidak bisa sembarangan mencicipi makanan.

Reaksi alergi makanan pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang ringan, sedang, hingga mengancam jiwa. Ada yang merasakan ruam-ruam merah yang gatal pada tubuh, bengkak pada bibir dan mata, diare, atau sesak napas hingga pingsan.

Jika Anda akan bersantap di rumah makan, beritahukan kepada pelayan mengenai alergi makanan anak Anda. Jangan sungkan untuk bertanya mengenai bahan-bahan yang digunakan pada menu makanan yang dipilih untuk anak Anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda bepergian dengan pesawat, Anda dapat memesan menu khusus untuk Si Kecil yang alergi ketika Anda akan memesan tiket. Apabila Anda perlu berbelanja makanan di supermarket setempat, perhatikan dengan saksama label yang tertera pada makanan tersebut. Pastikan produk yang Anda beli tidak mengandung bahan yang membuat anak Anda alergi.

Alergi yang terhirup melalui udara

Beberapa contoh dari kelompok alergi ini adalah alergi terhadap dingin, debu, tungau atau kutu, jamur, bulu binatang, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Jika Si Kecil alergi debu, pastikan penginapan tempat Anda sekeluarga menginap bersih dari debu. Carilah penginapan yang bebas dari asap rokok dan hewan peliharaan jika anak Anda sensitif terhadap kedua hal tersebut.

Anda dapat membawa seprai dan selimut sendiri apabila Si Kecil memiliki alergi yang parah terhadap tungau atau kutu kasur. Jika bepergian ke luar, siapkan masker untuk Si Kecil agar ia terhindar dari asap kendaraan bermotor.

Siapkan pakaian Si Kecil yang sesuai dengan suhu tempat Anda berlibur. Jika ia alergi dingin, pastikan membawa berbagai baju yang tebal dan hangat, topi, kaus kaki, dan lain-lain agar ia selalu merasa hangat.

Persiapan gawat darurat

Tidak ada yang menginginkan liburannya berubah menjadi suram karena kejadian gawat darurat, namun tidak ada salahnya untuk sedia payung sebelum hujan. Siapkan obat-obatan pribadi yang biasa digunakan Si Kecil jika ia alergi. Catat dan ketahui nomor telepon penting yang bisa dihubungi untuk kejadian gawat darurat. Mengetahui nomor telepon dan alamat rumah sakit terdekat juga sangat membantu.

1 Komentar