Sukses

Inilah 5 Cara Menjadikan Anak Pintar

Mau anak Anda tumbuh pintar dan cerdas? Inilah beberapa hal dasar yang merupakan modal awal untuk menjadikannya pintar. Simak info medis dr. Alvin Nursalim berikut.

Inilah 5 Cara Menjadikan Anak Pintar

KlikDokter.com - Pastinya impian setiap orangtua memiliki anak yang cerdas dan pintar.

Sebagian orangtua berusaha sekeras mungkin menjadikan anaknya pintar dengan berbagai cara, seperti memasukkan ke sekolah yang baik, memberikan pelajaran tambahan yang banyak dan sebagainya.

Namun mereka melupakan beberapa hal dasar yang merupakan modal awal untuk menjadikan seorang anak pintar.

Ada beberapa prinsip agar anak Anda mencapai potensi maksimal yang ia miliki.

Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan perkembangan anak Anda?

Yuk, kita bahas satu per satu. Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Inilah 5 Cara Menjadikan Anak Pintar

Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan perkembangan anak Anda?

Yuk, kita bahas satu per satu.

  1. Gizi yang cukup
    - Dari awal masa kehamilan:
    Langkah awal membentuk kecerdasan seorang anak adalah dengan memberikan gizi yang cukup. Bahkan sejak anak berada dalam kandungan sudah terjadi proses pembentukan otak yang berpengaruh pada kehidupannya kelak. Jadi bagi ibu hamil, konsumsilah makanan yang bergizi, khususnya yang mengandung asam folat dan minyak ikan.

    - Pasca kelahiran:
    Setelah anak lahir, komponen gizi anak yang penting adalah ASI.  Penelitian membuktikan bahwa menyusui memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan bayi. ASI dapat mencegah infeksi berbahaya dan merupakan sumber makanan penting.

    - Masa pertumbuhan
    Setelah anak lebih besar, hindarkan makanan berupa junk food, berikan nutrisi yang seimbang dan bergizi. Salah satu zat yang dibutuhkan untuk perkembangan anak adalah makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, telur atau ikan.

  2. Rangsangan yang optimal
    Kepintaran manusia merupakan hasil dari rangsangan dan latihan terus menerus. Mulailah dengan memberikan rangsangan anak Anda dengan membacakan buku cerita yang edukatif, belajar bahasa Inggris atau masukkan anak Anda ke sekolah musik.

  3. Biarkan anak bereksperimen
    Kebanyakan orangtua suka membatasi anaknya. Tentu sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memastikan anaknya aman dan melakukan hal yang berguna untuk dirinya, namun bukan berarti membatasi kegiatan yang justru dapat meningkatkan kecerdasan anaknya tersebut. Biarkanlah anak bereksperimen, bermain dan mengeksplorasi dunia. Biarkan anak Anda menemukan hal-hal baru untuk dipelajari. Banyak ilmuwan terkenal yang memulai penemuannya dengan berimajinasi.

  4. Bermain
    Bermain merupakan salah satu bentuk stimulasi yang dapat merangsang pikiran anak. Bahkan banyak sekali video game yang bernuansa edukatif. Permainan di luar ruangan yang menggabungkan olahraga dan daya nalar, tidak hanya baik bagi fisik tubuh, namun juga baik bagi perkembangan kecerdasan anak.

  5. Mulai Sejak Dini
    Sebagian besar orangtua mungkin berpikir jika usia remaja merupakan usia keemasan dimana seorang anak perlu ditempa semaksimal mungkin. Namun, tahukah Anda jika perkembangan manusia paling pesat terjadi pada usia tiga tahun pertama? Jadi walaupun anak Anda berusia satu atau dua tahun, Anda tetap bisa mulai melakukan program untuk mencerdaskan anak Anda.  Berikan gizi yang baik dan rangsangan otak berupa permainan yang edukatif sejak dini.

Demikian lima tips menstimulasi anak untuk menjadi cerdas. Tentu kecerdasan anak tidak terjadi dalam semalam. Berbagai stimulasi ini harus diberikan secara berkesinambungan untuk memaksimalkan perkembangan seorang anak.

Mau anak Anda menjadi Albert Einstein selanjutnya? Mungkin lima langkah di atas adalah awalnya!

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar