Sukses

Jangan Biarkan Alergi Menghambat Kecerdasan Anak

Kenali kiat-kiat ini agar tumbuh kembang otak Si Kecil tetap optimal, walau ia memiliki alergi.

KlikDokter.com - Semua orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Namun bagaimana jika Si Kecil memiliki alergi, apakah tumbuh kembangnya akan terganggu?

Jangan khawatir. Selain dengan pengobatan alergi yang cepat dan tepat, Anda tetap dapat memaksimalkan perkembangan otak Si Kecil agar ia tumbuh menjadi anak yang cerdas. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yakni:

Makanan

Tiga tahun pertama adalah Periode Emas perkembangan otak Si Kecil. Berikan asupan nutrisi yang terbaik agar otaknya dapat tumbuh dengan optimal. Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon, tuna, dan sarden sangat baik bagi perkembangan sel saraf. Selain itu, kacang-kacangan, telur, makanan laut, daging ayam dan sapi, brokoli, alpukat, dan buah beri juga baik untuk tumbuh kembang otak.

Lingkungan

Selain nutrisi yang baik, stimulasi dari lingkungan dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Stimulasi bisa berasal dari lingkungan rumah (orangtua, saudara), sekolah (guru, teman), dan lain-lain. Stimulasi ini juga harus diberikan sejak dini.

Peran orangtua dalam hal ini sangat penting, karena orangtualah yang menghabiskan waktu paling banyak dengan anak. Selain itu, orangtua juga memiliki hubungan emosi dan kekeluargaan yang paling dekat dengan anak.

Dari mengajak bermain, mengajari segala sesuatu yang edukatif dan kreatif, memenuhi segala kebutuhan anak,  hingga mengajarkan cara bersosialisasi kepada anak, semua harus dilakukan oleh orangtua.

Tidur

Anak membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas agar otaknya dapat beristirahat dan terjadi pembentukan sel-sel otak serta sambungan sel saraf yang baru. Apabila proses tersebut berjalan dengan optimal, maka ia dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas. Oleh karena itu, sejak lahir hingga remaja, anak harus dibiasakan memiliki rutinitas tidur yang konsisten setiap harinya.

Hubungan dengan Orangtua

Memiliki hubungan yang erat dan harmonis dengan orangtua juga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan mental dan kognitif anak. Ia tidak hanya merasa disayang oleh Anda, tetapi juga lebih percaya diri dalam berhubungan dengan orang lain.

Kesempatan  Belajar

Bukakan kesempatan belajar yang luas bagi anak, ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, seperti mainan, buku, alat musik, sekolah yang baik, dan lain-lain.

0 Komentar

Belum ada komentar