Kesehatan Anak

5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Aktif

dr. Karin Wiradarma, 19 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi bagi Si Kecil yang selalu aktif?

5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Aktif

KlikDokter.com - Balita kecil Anda yang sedang aktif bermain dan belajar tentunya membutuhkan dukungan nutrisi yang tepat dan lengkap untuk menjamin agar tumbuh kembangnya optimal. Pastikan agar Anda menyajikan menu makanan yang dapat memberikan asupan energi dan zat gizi untuk mendukung perkembangan motorik, mental, dan kognitifnya. Berikut adalah makanan-makanan tersebut:

1. Daging

Daging adalah sumber yang baik untuk protein, vitamin, dan mineral, terutama zat besi, seng, dan vitamin B12. Anda dapat memilih daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit, terutama jika Si Kecil termasuk berbadan bongsor. Namun Anda perlu mengurangi konsumsi jeroan dan daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi kaya akan  serat serta kadar vitamin dan mineral yang tinggi, yaitu zat besi, kalsium, dan asam folat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, almon, pistachio, dan lain-lain merupakan sumber lemak baik yang baik (omega-3 dan omega-6) untuk tubuh, terutama jantung. Selain itu, camilan sehat ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E, fosfor, selenium, dan mangan.

4. Yoghurt

Yoghurt dapat mulai diperkenalkan kepada anak yang berusia satu tahun ke atas. Selain bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung dan otak, yoghurt juga merupakan sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin D – yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi buah hati Anda. Selain itu, bakteri baik dalam produk fermentasi susu ini juga berfungsi memelihara kesehatan saluran pencernaan anak Anda.

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti blueberry, alpukat, atau jeruk mandarin sangat kaya akan berbagai zat gizi yang diperlukan Si Kecil. Blueberry mengandung flavonoid yang baik untuk mata, otak, dan saluran kemih anak. Alpukat kaya akan lemak tidak jenuh yang menyehatkan. Karena mengandung kalori yang tinggi, alpukat juga cocok untuk dijadikan menu sehari-hari bagi Si Kecil yang berat badannya masih kurang. Jeruk mandarin kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan favorit.

Makanan SehatmakananSi kecilSerba-Serbi Alergi Anak5 Makanan SehatMakanan Sehat Untuk Si Kecil

Konsultasi Dokter Terkait