Sukses

Tips Memilih Suplemen Kalsium

Banyak suplemen kalsium di pasaran, tapi sebenarnya apakah perlu suplemen kalsium? Kalau pun perlu suplemen kalsium, pilih yang mana?

KlikDokter.com - Kalsium yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari adalah kalsium alami yang sangat baik. Perlu diingat bahwa tidak ada perbedaan bermakna antara mengonsumsi kalsium dari makanan maupun dari suplemen kalsium. Jadi apabila Anda tidak yakin dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian dalam menu makanan, tidak ada salahnya menambahkan suplemen kalsium dalam menu harian. Pilihlah suplemen kalsium yang sesuai dan tepat untuk kebutuhan kalsium Anda.

Bisakah kita mendapatkan kalsium dari makanan saja tanpa harus mengkonsumsi suplemen?

Tentu, namun Anda harus cermat. Pastikan jumlah kalsium yang ada pada menu Anda sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan orang masih kurang mengonsumsi kalsium dan gagal memenuhi kebutuhan kalsium hariannya. Dan dari disinilah kehadiran suplemen kalsium dapat menjadi pilihan solusi.

Semakin tinggi dosis sebuah suplemen kalsium semakin baik?

Tubuh kita hanya dapat menyerap 500mg kalsium dalam satu kali minum. Jadi apabila dosis yang diperlukan tubuh kita lebih dari itu, kita dapat membagi dosisnya menjadi beberapa kali minum. Namun apabila dalam menu keseharian sudah mengandung kalsium, dosis suplemen kalsium dapat dikurangi.

Berbahayakah jika mengonsumsi kalsium berlebihan?

Berdasarkan National Osteoporosis Foundation, jumlah harian kalsium yang dkonsumsi sebaiknya tidak meelebihi 1500mg. Kelebihan kalsium akan akan diekskresikan lewat ginjal. Bagi sebagian orang yang memiliki kecenderungan memiliki batu ginjal, hal ini dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Bagaimana jika suplemen kalsium yang dikombinasikan dengan zat tambahan lain?

Dari beberapa penelitian yang ada, terdapat zat-zat akan membantu penyerapan kalsium itu sendiri dengan lebih baik. Zat tersebut diantaranya vitamin D, protein soya, dan soy isoflavones

0 Komentar

Belum ada komentar