HomeInfo SehatTulangHanya Minum Susu Masih Kurang Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang

Hanya Minum Susu Masih Kurang Menjaga Kesehatan Tulang

dr. Dyan Mega Inderawati, 17 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata sebuah penelitian mengungkapkan minum susu dari remaja ternyata belum tentu dapat menjaga kesehatan tulang, kok bisa? Selengkapnya penjelasan dr. Mega Dyan Inderawati di sini

Hanya Minum Susu Masih Kurang Menjaga Kesehatan Tulang

KlikDokter.com - Telah diyakini oleh para pakar kesehatan tulang bahwa konsumsi susu dapat meningkatkan kualitas tulang manusia dikarenakan oleh tingginya kandungan kalsium di dalamnya. Oleh tubuh kita, kalsium berguna untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat, menghantarkan ion-ion untuk kerja sistem saraf, kontraksi otot-otot tubuh, serta mengatur detak jantung manusia.

Kurangnya kalsium yang didapatkan dari nutrisi makanan, membuat tubuh kita harus mengambil kalsium di dalam tulang untuk dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Hal inilah yang pada akhirnya akan menurunkan kekuatan dan kesehatan tulang.

Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang meminum susu sejak remaja tidak menurunkan risiko patah tulang panggul, bahkan risiko itu meningkat 9% setiap gelas susu yang mereka minum. Jelas hal ini berpengaruh dalam menjaga kesehatan tulang.

Penelitian mengenai kesehatan tulang dilakukan pada remaja usia 13-18 tahun yang mengonsumsi susu khususnya whole milk. Lebih dari 35000 pria dan 62000 wanita diteliti hingga mereka berusia 22 tahun. Selama penelitian, ditemukan kejadian patah tulang pada 490 pria dan lebih dari 1200 wanita.

Walau demikian, beberapa ahli kesehatan tulang berpendapat hubungan antara konsumsi susu dan patah tulang tidak memiliki korelasi langsung dan masih perlu banyak penelitian lebih mendalam. Terlebih lagi, penelitian yang membandingkan kedua jenis kelamin ini masih memiliki banyak bias. Wanita cenderung lebih tertutup melaporkan apa yang telah mereka konsumsi dibandingkan dengan pria.

Bagaimanapun, susu tetap diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang sebagai sumber kalsium Beberapa pusat pengembangan studi diet pun masih merekomendasikan tiga porsi susu setiap harinya. Terdapat variasi sumber nutrisi dari susu lainnya:

  • Keju
  • Yogurt
  • Sardin
  • Sayuran hijau
  • Sereal

Kesehatan TulangMinum SusutulangSerba-Serbi OsteoporosisMinum Susu Menjaga Kesehatan Tulang

Konsultasi Dokter Terkait