Sukses

Ide Olahraga yang Akan Disenangi Si Kecil

Tidak ada istilah terlalu dini untuk mengajak Si Kecil mulai berolahraga.

KlikDokter.com - Semua orang telah mengetahui bahwa olahraga adalah baik untuk kesehatan. Manfaat olahraga tidak hanya eksklusif dirasakan oleh orang dewasa, namun juga baik untuk bayi, balita, dan anak-anak.

Olahraga dapat meningkatkan angka harapan hidup dengan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan darah tinggi. Selain itu, aktivitas ini juga bermanfaat menjaga berat badan tetap ideal serta meningkatkan performa Si Kecil di sekolah.

Bunda dan Ayah harus membiasakan Si Kecil berolahraga sejak dini, agar ia terbiasa untuk memasukkan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari. Dengan membiasakannya berolahraga sejak kecil, Bunda dan Ayah telah membantu Si Kecil untuk memelihara kesehatannya dalam jangka panjang.

Mungkin Si Kecil belum dapat memahami apa pentingnya berolahraga, oleh karena itu yang perlu Bunda dan Ayah lakukan adalah membuat olahraga menjadi menyenangkan untuk dilakukan bersama.

Bunda dan Ayah tidak perlu melakukan olahraga ketat seperti lari keliling lapangan, atau menghabiskan uang dengan pergi ke gym khusus anak. Cukup masukkan olahraga ke dalam aktivitas rutin sehari-hari. Berikut adalah contoh kegiatan yang dapat Bunda dan Ayah lakukan bersama Si Kecil:

Olahraga Sambil Bermain

Bunda dan Ayah dapat mengajak Si Kecil untuk melakukan permainan yang membutuhkan banyak gerak, seperti polisi-maling, petak umpet, gobak sodor, dan lain-lain. Selain itu, olahraga permainan juga dapat dilakukan oleh anak yang lebih besar, seperti sepak bola, basket, dan voli.

Biasakan Jalan Kaki

Mengajak Si Kecil berjalan kaki menuju tempat-tempat yang dekat dapat dijadikan kebiasaan. Misalnya bermain ke taman kompleks, ke rumah tetangga, pasar swalayan, atau les. Jika jaraknya lebih jauh, ajak Si Kecil bersepeda. Jika akan naik turun satu atau dua lantai, jangan gunakan lift. Sebaliknya, pergunakanlah tangga yang tersedia.

Membersihkan Rumah Sambil Berolahraga

Si Kecil dapat berolahraga sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Untuk menyiasatinya, Bunda dan Ayah harus membuat pekerjaan tersebut menjadi permainan yang menyenangkan. Buatlah permainan seolah-olah Si Kecil adalah pahlawan super yang akan menumpas musuh berupa debu dan kuman dengan cara mengelap, mengepel, atau menyapu.

Menari dan Menyanyi Bersama

Putarlah musik yang disukai Si Kecil, lalu ajaklah ia untuk menari dan menyanyi bersama. Supaya lebih seru, ajak saudara dan teman untuk turut serta.

Mengajak Jalan “Gukguk”

Jika Bunda dan Auah memiliki binatang peliharaan, ajaklah Si Kecil untuk jalan sore menemani si “Gukguk” atau “Meong” keliling kompleks.

0 Komentar

Belum ada komentar