Kesehatan Anak

Alergi Bukan Penghalang Si Kecil Tetap Aktif

Klikdokter, 17 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dengan penanganan yang tepat, Si Kecil yang alergi bisa tetap aktif dan ceria dalam menjalani aktivitasnya.

Alergi Bukan Penghalang Si Kecil Tetap Aktif

KlikDokter.com – Si Kecil alergi susu sapi? Jangan khawatir, Bunda masih dapat memberikannya ASI hingga dua tahun atau lebih, atau nutrisi alternatif berupa susu formula hipoalergenik. Susu yang khusus ditujukan untuk anak dengan alergi susu sapi ini terdiri dari dua jenis, yaitu susu formula hidrolisat ekstensif dan susu formula asam amino.

Susu tersebut dikonsumsi selama enam bulan, untuk kemudian dicoba kembali pemberian susu formula sapi. Jika gejala alergi tidak timbul setelah konsumsi susu formula sapi, maka Si Kecil sudah toleran dan dapat mengonsumsi susu tersebut. Namun jika masih timbul gejala alergi, Si Kecil perlu melanjutkan konsumsi susu hipoalergenik selama enam bulan, dan seterusnya.

Kendala yang sering kali dialami adalah besarnya biaya susu hipoalergenik jika dibandingkan dengan susu formula sapi pada umumnya. Selain itu, tidak semua anak menyukai rasa susu hipoalergenik, yang berbeda dengan susu formula sapi.

Menjawab permasalahan tersebut, dikembangkanlah susu formula kedelai (soya) sebagai alternatif bagi Si Kecil yang alergi susu sapi. Selain memiliki rasa yang dapat lebih diterima oleh Si Kecil, harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan susu hipoalergenik. Susu kedelai juga tidak mengandung laktosa, sehingga dapat dikonsumsi oleh Si Kecil yang memiliki intoleransi lakotsa.

Kandungan gizi dalam susu formula kedelai pun tidak kalah dengan susu formula sapi. Telah diteliti bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak yang mengonsumsi kedua susu formula tersebut setara.

Perlu diketahui bahwa susu formula kedelai berbeda dengan susu kedelai biasa. Susu formula kedelai telah diformulasikan secara khusus agar sesuai untuk anak dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan tepat. Sementara itu, susu kedelai biasa tidak memiliki asam amino esensial yang lengkap. Selain itu, kandungan besi, kalsium, dan vitamin B12-nya pun kurang.

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Nutrition Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1. Morinaga Soya

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

2. Morinaga P-HP

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

3. Morinaga Platinum

Morinaga Chil Kid Platinum (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges, dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Kekebalan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

4. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Alergi Susu SapiSerba-Serbi Alergi AnakMorinagaMorinaga AlergiAlergialergi susu

Konsultasi Dokter Terkait