Sukses

Kapan Si Kecil Boleh Makan Telur?

Panduan dr. Irma Rismayanty mengenai konsumsi telur ini akan sangat bermanfaat untuk buah hati Anda.

KlikDokter.com - Telur merupakan sumber mineral yang sangat istimewa dan lengkap, yakni terdiri dari besi, seng, kalsium, asam folat, riboflavin, vitamin B12, dan vitamin E. Karena itu, mengenalkan telur pada Si Kecil tentu akan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan telur.

Apakah telur aman untuk diberikan pada Si Kecil?

Menurut pedoman dari Health Canada, Si Kecil bisa dikenalkan telur mulai dari usia enam bulan. Pastikan Anda menyajikan telur dengan matang.

Mengapa penting sekali memasak telur dengan matang?

Telur yang dimasak kurang matang dapat menjadi media kuman bagi bakteri salmonella. Apabila bakteri ini masuk ke dalam saluran pencernaan, maka dapat menyebabkan muntah, demam, diare, dan sakit kepala.

Bagaimana cara  mengenalkan telur pada Si Kecil?

Ketika Anda mengenalkan telur untuk pertama kali, pastikan tidak ada makanan lain yang diberikan pada saat itu. Sehingga jika menimbulkan reaksi alergi, Anda bisa tahu bahwa penyebabnya dari telur. Makanan yang sebaiknya dihindarkan bersamaan dengan telur adalah susu dan produk susu lainnya, kacang-kacangan, serta makanan laut.   

Kenalkanlah kuning telur terlebih dahulu, sebelum putih telur. Putih telur dapat diberikan saat ia memasuki usia setahun, karena putih telur sering menyebabkan reaksi alergi.

Berikan telur dalam jumlah yang sedikit dulu, kemudian bisa ditingkatkan jika ia tidak mengalami reaksi alergi.

Apa yang terjadi jika Si Kecil alergi telur?

Reaksi alergi bisa berupa gatal pada seluruh tubuh atau hidung, hidung mengeluarkan ingus berlebih, mata berair, serta kemerahan pada kulit yang kadang menimbulkan bengkak. Jika Si Kecil memiliki gejala tersebut, segeralah bawa ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Saya memiliki riwayat alergi makanan, apakah Si Kecil juga memilikinya?

Jika Anda alergi dengan makanan seperti telur ataupun makanan laut, bisa jadi Si Kecil juga memilikinya. Untuk mencegah reaksi alergi, apalagi jika Si Kecil menunjukkan alergi terhadap makanan lainnya, kenalkanlah telur saat ia berusia dua tahun. 

0 Komentar

Belum ada komentar