Sukses

Si Kecil Sering Kaget Saat Tidur, Normalkah?

Ketika tidur Si Kecil mudah sekali kaget, bahkan dengan suara-suara sekecil apa pun. Pahami lebih lanjut mengenai perilaku tersebut di sini.

KlikDokter.com – Tak jarang Si Kecil sering kaget ketika tidur, apalagi jika ia mendengar suara-suara (meskipun asal suara cukup jauh atau suara nyaris berbisik). Ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Setelah usia 9 bulan, 70-80% bayi akan tidur sepanjang malam tanpa mengalami kaget lagi.

Sentakan bayi saat tidur, yang seperti kaget, dianggap sebagai refleks primitif karena reaksinya yang berlebihan terhadap rangsangan. Meski demikian, perilaku tersebut dapat membantu bayi menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Saat tersentak kaget, sering kali bayi tetap terlelap, hanya kedua tangannya yang terentang—kadang diikuti dengan tangisan juga.

Agar Si Kecil tidak sering kaget saat tidur, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Pijat ringan tubuhnya sebelum tidur, supaya ia merasa nyaman dan rileks.
  • Kurangi aktivitas fisik berlebihan pada sore dan malam hari.
  • Hindari sumber pemicu kaget, misalnya AC terlalu dingin, pencahayaan kamar terlalu terang, dan sebagainya.
  • Minimalkan suara keras yang bisa didengar oleh Si Kecil, seperti suara televisi, radio, atau telepon.
  • Segera beri tindakan yang menenangkan Si Kecil jika ia kaget, yakni dengan cara membelai kepala atau dadanya.

Apabila Anda merasa khawatir jika Si Kecil sering kaget atau justru kurang reaktif, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Pemeriksaan untuk mengetahui gejala kelainan sejak dini akan sangat membantu dalam tumbuh kembangnya. 

0 Komentar

Belum ada komentar