Sukses

5 Cara Agar Si Kecil Cepat Merangkak

Merangkak adalah salah satu tahapan perkembangan yang memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Memasuki usia 6-9 bulan, Si Kecil sudah mampu duduk sendiri tanpa bantuan dan belajar merangkak. Sebelum mulai merangkak, ia  harus melewati beberapa tahapan motorik kasar dahulu, mulai dari tengkurap hingga duduk.

Dengan merangkak, kekuatan anggota badan Si Kecil menjadi lebih terlatih, seperti leher, tangan, sendi, dan otot. Merangkak juga dapat menunjang koordinasi antara mata dan tangan, serta ketajaman penglihatan di kemudian hari.

Mengingat pentingnya kemampuan merangkak untuk tumbuh kembang Si Kecil, maka dibutuhkan stimulasi merangkak, apalagi jika Si Kecil memasuki usia 7 bulan dan belum bisa merangkak.

Berikut adalah lima hal yang dapat Anda persiapkan untuk menstimulasi Si Kecil merangkak:

  1.  Buatlah permainan di lantai
    • Anda dapat mencoba tummy time. Latihlah Si Kecil untuk tengkurap dengan bertumpu pada perutnya, dan bermainlah dengannya selama beberapa menit.
    • Berikan mainan dan letakkan mainan sedikit jauh, kemudian biarkan Si Kecil yang mengambilnya (reaching and grabbing).
    • Pilihlah mainan yang paling disukainya, atau mainan yang berwarna mencolok dan mengeluarkan bunyi.
    • Anda dapat mencoba menggunakan bantal/kotak kecil/lainnya sebagai “penghalang” agar ia semakin percaya diri untuk melewati rintangan sewaktu merangkak, tetapi pastikan Anda memperhatikan gerak-gerik Si Kecil.
  2. Alasi lantai dengan karpet khusus

Hal ini dimaksudkan agar jika Si Kecil jatuh, ia tidak langsung mengenai lantai yang keras.

  1. Awasi tingkah lakunya

Saat belajar merangkak, Si Kecil perlu mendapat perhatian lebih dari orangtua ataupun pengasuhnya, karena ia sudah mulai aktif dan menjelajah sekitarnya.

  1. Berikan batas pengaman menuju pintu akses anak tangga

Hal ini akan membuat Si Kecil aman, karena ia tidak akan bereksplorasi ke tangga apabila pengawas atau orangtua lengah.

  1. Hindari benda-benda berbahaya di sekitar

Amankan Si Kecil dari akses kabel, kontak, atau yang mempunyai arus listrik. Perhatikan juga mainan yang kecil dan tajam, karena dikhawatirkan akan melukai atau benda tersebut bisa dimasukkan ke dalam mulutnya. 

0 Komentar

Belum ada komentar