Sukses

7 Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

Jangan heran jika diet sudah berkali-kali tapi masih gagal juga menurunkan berat badan. Karena bisa jadi Anda masih khilaf melakukan beberapa penggagal penurun berat badan hal berikut ini.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Topik usaha menurunkan berat badan seakan tak pernah kedaluarsa. Kegemukan bisa terjadi dari mulai anak kecil sampai dengan orangtua. Pada anak kegemukan biasa dianggap lucu, namun sesungguhnya perlu diperhatikan karena dapat menjadi faktor risiko yang dapat merugikan anak pada usia dewasa.

Kegemukan pada anak harus dikonsultasikan dengan dokter. Sedangkan mengatasi kegemukan pada dewasa pada umumnya lebih sulit. Pada orang dewasa dan manula biasanya BB sudah cenderung stabil dan tidak berubah, bahkan cenderung meningkat. Banyak orang yang melakukan diet untuk dapat menurunkan berat badan namun masih sulit untuk dapat dilakukan.

Ada banyak program diet yang disarankan oleh dokter maupun jenis diet lainnya. Ada banyak yang berhasil namun ada pula yang gagal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menghambat menurunkan berat badan:

  1. Gangguan tidur, pada beberapa penelitian didapatkan bahwa orang dengan pola tidur kurang dari 5 jam, 73 % mengalami kegemukan dibandingkan dengan orang yang memiliki pola tidur 7-9 jam. Hal ini berkaitan dengan hormon yang dapat menyebabkan pola makan yang meningkat. Jadi jika Anda ingin dapat menurunkan berat badan harus dimulai dengan pola tidur yang cukup dan teratur.
  2. Makan terlalu cepat, penelitian membuktikan bahwa dengan makan terlalu cepat dapat menyebabkan kegemukan, hal ini berkaitan dengan sistem enzim pencernaan yang tidak dapat bekerja dengan baik dan akan memberikan stimulasi ke otak bahwa perut masih kosong dan akan meningkatkan nafsu makan yang berlebih. Tak ayal usaha menurunkan berat badan sering menemui kegagalan berulang karena faktor ini.
  3. Stres, dikatakan bahwa adanya stres akan dapat meningkatkan nafsu makan dimana biasanya pada kebanyakan orang akan mengkonsumsi makanan yang manis dan cenderung lebih banyak mengandung kalori.
  4. Kurangnya vitamin D, Konsumsi vitamin khususnya vitamin D dapat mempengaruhi gagalnya menurunkan berat badan, vitamin D yang cukup dapat berperan untuk dapat menghancurkan lemak adipose ditubuh. Salah satu sumber vitamin D yang alami adalah dari sinar matahari di pagi hari, dimana terkadang pada setiap orang banyak yang menghabiskan waktunya di dalam ruangan.
  5. Kebiasaan, pola hidup ikut mempengaruhi kesulitan dalam menurunkan berat badan, pada pria misalnya dengan pola hidup berhubungan dengan cenderung mengurangi konsumsi makanan pada satu waktu namun mengkonsumsi makanan yang berlebihan diwaktu lainnya
  6. Komposisi makanan yang tidak sesuai, makanan memiliki nilai kalori pada setiap jenis makanan, makanan tinggi serat adalah yang paling baik dikonsumsi jika anda ingin dapat menurunkan berat badan.
  7. Olahraga, sudah banyak diketahui bahwa olahraga menyehatkan, dan dikatakan bahwa dengan olahraga teratur 30 menit sehari dapat membakar 300-500 kalori dan dapat membantu dalam menurunkan berat badan, jadi jangan sampai anda melupakan olahraga jika ingin menurunkan berat badan.

Kebiasaan di atas dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan, dan dapat juga menjadi penghambat dalam menurunkan berat badan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan. Tentunya kita harus menghindari kegemukan karena menjadi faktor risiko yang tidak baik bagi kesehatan Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar