Sukses

Kenali Tanda-Tanda Berat Badan Anda Sudah Berlebih

Apakah Anda merasa celana jeans Anda lebih sempit? Pernahkah orang di sekitar Anda mengatakan Anda tampak lebih gemuk? Berikut tanda-tanda berat badan sudah berlebih.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Kita mungkin tidak memperhatikan atau justru memilih untuk mengabaikan peningkatan berat badan yang mungkin hanya sedikit, namun semakin lama semakin bertambah.

Berat badan berlebih tidak hanya menurunkan rasa percaya diri namun juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.  Berikut ini adalah tanda-tanda Anda sudah kegemukan dan sudah saatnya memulai program penurunan berat badan:

  1. Baju yang biasa dipakai terasa lebih sempit

Jika Anda merasa baju yang biasa dipakai lebih sempit bisa jadi pertanda Anda mengalami kegemukan. Jenis pakaian yang paling terasa perubahannya jika terjadi kenaikan berat badan adalah celana. Hal ini karena bagian tubuh yang pertama membesar jika berat badan bertambah adalah perut, pinggul, dan paha.

  1. Mudah lelah jika beraktivitas

Jika Anda masih dalam rentang usia produktif dan tidak memiliki masalah jantung namun mudah merasa lelah saat beraktivitas ringan, misalnya saat naik tangga atau melakukan pekerjaan rumah, bisa jadi pertanda Anda sudah kegemukan dan harus menurunkan berat badan.  Inflamasi atau proses peradangan di dalam tubuh akibat lemak yang berlebihan yang menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemah.

  1. Orang di sekitar merasa Anda lebih gemuk

Orang di sekitar Anda mungkin akan merasa sungkan mengatakan bahwa Anda gemuk, kecuali mereka khawatir dengan kondisi kesehatan Anda. Jika ada yang mengatakan bahwa Anda tampak lebih gemuk, jangan diambil hati, tapi berpikirlah dan lakukan sesuatu untuk mengembalikan berat badan Anda ke semula. Jadikanlah pendapat mereka sebagai motivasi untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat.

  1. Nyeri pada pinggang dan lutut

Lutut dan pinggang merupakan penopang tubuh. Semakin berat suatu tubuh maka semakin berat beban yang harus ditopang oleh pinggang dan lutut.  Jika Anda merasa nyeri pada pinggang/lutut terutama saat berdiri lama atau berjalan, mungkin berat badan berlebih yang menjadi penyebabnya.

  1. Mengorok saat tidur

Berat badan berlebih menyebabkan akumulasi lemak di bagian tubuh tertentu seperti leher, perut, paha, dan sebagainya. Akumulasi lemak di sekitar leher akan mempersempit saluran napas sehingga dapat menyebabkan Anda mengorok saat tidur atau bahkan sleep apnea. Sleep apnea merupakan suatu keadaan dimana terhentinya napas secara tiba-tiba saat tidur, biasanya sekitar 10 detik atau lebih. Penderita sleep apnea akan terbangun untuk dapat bernapas kembali, jika tidak diatasi kondisi ini akan semakin parah dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

  1. Terjadi perubahan pada kondisi tubuh secara medis

Apakah dokter Anda mengatakan bahwa tekanan darah, kolesterol atau kadar gula darah Anda meningkat?  Jika ya, hal ini menjadi peringatan bahwa Anda harus menurunkan berat badan.

  1. Selalu merasa lapar meskipun sudah makan cukup banyak

Makanan yang tidak sehat dan tinggi gula atau karbohidrat justru membuat kita merasa ingin makan terus dan “ketagihan”. Sedangkan makanan kaya serat, protein, dan lemak tak jenuh (lemak sehat) justru membuat kita merasa lebih lama kenyang. Mudah lapar bisa juga merupakan gejala resistensi insulin atau diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh kegemukan dalam waktu lama.

  1. Hitung Indeks Massa Tubuh

Menghitung indeks massa tubuh (IMT) merupakan cara objektif untuk mengetahui apakah berat badan Anda kurang, ideal, berlebih, atau obesitas. IMT yang normal adalah 18,5 – 24,9. Jika IMT Anda di atas 24,9 dan memiliki salah satu gejala di atas,segera konsultasikan dengan dokter Anda dan mulai lakukan usaha-usaha untuk menurunkan berat badan.

0 Komentar

Belum ada komentar