Jantung

Seks untuk Penderita Kolesterol

dr. Muhammad Anwar Irzan, 03 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tinggi rendahnya kadar kolesterol dapat mempengaruhi kehidupan seks Anda. Baca cara mengatasinya di sini!

Seks untuk Penderita Kolesterol

KlikDokter.com - Kolesterol tinggi telah banyak dikaitkan dengan gangguan seksual. Jika Anda mengalami masalah dengan hubungan Anda dan pasangan, cobalah cek kadar kolesterol Anda, mungkin saja kadar kolesterol Anda tinggi.

Para ahli menyatakan bahwa kolesterol tinggi dapat menyumbat pembuluh darah yang menuju ke daerah panggul. Inilah yang memicu disfungsi ereksi pada pria. Sedangkan pada wanita, penyakit ini mengakibatkan pasien sulit terangsang karena aliran darah di sekitar panggul terhambat oleh akumulasi kolesterol dalam arteri.

Selain itu, statin atau obat penurun kolesterol ditemukan dapat menurunkan level testosteron. Para peneliti menyebut bahwa beberapa statin menyebabkan perubahan dalam kenikmatan seksual, artinya orang yang mengonsumsi statin kurang memiliki gairah seks. Jumlah kolesterol turun, kualitas seks juga menurun.

Apabila Anda memiliki kolesterol tinggi dan merasa bahwa kehidupan seksual Anda terganggu, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Jika kolesterol yang penyebab utama, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk melakukan diet sehat serta perubahan gaya hidup, seperti memperbanyak serat dan mengurangi lemak jenuh, berhenti merokok, serta meningkatkan aktivitas fisik.

Pengendalian KolesterolCara Mengendalikan KolesterolKolesterol Tinggi BahayaKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait