Sukses

Pria Lebih Rentan Terkena Kolesterol?

Kolesterol dapat dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, beberapa mengatakan bahwa pria lebih rentan terkena ketimbang wanita.

KlikDokter.com – Semua orang memiliki risiko terkena kolesterol. Namun, beberapa mengatakan bahwa pria lebih rentan terkena kolesterol daripada wanita. Benarkah demikian?

Penelitian mengatakan bahwa pria cenderung lebih sering mengalami masalah kolesterol tinggi dibandingkan wanita. Ini karena wanita memiliki hormon estrogen yang berfungsi protektif untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Namun demikian, setelah menopause hormon estrogen akan menurun dan wanita akan kehilangan manfaat tersebut.

Estrogen bukan sekadar hormon pada wanita, tetapi juga dapat menjalankan peran sebagai antioksidan. Pada wanita menopause, kolesterol LDL akan lebih mudah menembus plak di dalam dinding nadi pembuluh darah apabila dalam kondisi teroksidasi. Peranan estrogen sebagai antioksidan adalah mencegah proses oksidasi LDL, sehingga kemampuan LDL untuk menembus plak akan berkurang.

Dengan kesadaran tinggi akan bahaya kolesterol, hal pertama yang harus dilakukan adalah diet sehat. Wanita pada tahap menopause harus mendapatkan pasokan nutrisi, kalsium, serat, sayur, dan buah yang cukup. Selain itu, batasilah makanan yang mengandung lemak trans tinggi.

0 Komentar

Belum ada komentar