Sukses

10 Bahaya Jika Anda Malas Gerak

Pada dasarnya tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak, lantas apa jadinya bila Anda jarang berolahraga?

KlikDokter.com - Gaya hidup modern serta kemudahan aktivitas yang didukung teknologi informasi, membuat begitu banyak orang menjalani kehidupan yang sedenter alias tidak aktif secara fisik. Tidak mengherankan apabila olahraga menjadi hal yang mulai ditinggalkan. Berikut ini 10 alasan mengapa kebiasaan malas bergerak begitu berbahaya untuk Anda:

  1. Risiko kanker usus besar dan kanker payudara akan meningkat pada orang yang kurang melakukan aktivitas fisik. Satu studi menunjukkan penurunan 40% angka kematian kanker pada orang yang aktif secara fisik dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.
  2. Aktivitas fisik membantu mencegah resistensi insulin, penyebab diabetes tipe 2. Sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa untuk setiap dua jam menonton TV, risiko diabetes tipe 2 meningkat 14%.
  3. Aktivitas fisik secara teratur membantu mengurangi risiko penurunan kognitif. Satu studi melaporkan bahwa risiko demensia pada orangtua mengalami penurunan sebanyak 50%, apabila mereka berolahraga secara rutin.
  4. Orang yang malas bergerak memiliki tingkat tertinggi pada kejadian serangan jantung. Menurut Nurses’ Health Studies, risiko serangan jantung akan berkurang pada wanita yang aktif secara fisik tiga jam atau lebih per minggu (setengah jam setiap hari).
  5. Dalam suatu studi, perempuan yang aktif secara fisik mengalami penurunan risiko stroke sebesar 50%.
  6. Kurangnya olahraga meningkatkan hilangnya jaringan ikat otot, sehingga membuat aktivitas sehari-hari (berpakaian dan mandi) dan kegiatan lainnya (belanja bahan makanan) jauh lebih sulit untuk dilakukan.
  7. Tulang dan otot membutuhkan olahraga teratur untuk menjaga kandungan mineral dan kekuatannya. Angka kejadian pengeroposan tulang berlangsung lebih cepat pada orang yang tidak aktif secara fisik.
  8. Orang yang tidak melakukan aktivitas fisik secara teratur lebih mungkin untuk mengalami depresi. Aktivitas fisik adalah cara yang baik untuk mengurangi perubahan suasana hati.
  9. Orang yang jarang beraktivitas fisik lebih mungkin untuk mengalami berat badan berlebih. Satu studi menunjukkan bahwa satu jam berjalan setiap hari mengurangi risiko obesitas sebesar 24%.
  10. Orang yang berolahraga secara rutin memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih efisien, yang dapat membantu menangkal berbagai penyakit seperti pilek dan flu.

0 Komentar

Belum ada komentar