Sukses

Keluhan Ibu Hamil pada Trimester Kedua

Kehamilan trimester kedua sering kali menimbulkan keluhan, mulai dari yang ringan hingga berat. Apa saja keluhan tersebut dan bagaimana cara menanganinya?

KlikDokter.com - Memasuki kehamilan trimester kedua, sebagian besar wanita hamil mulai menikmati masa kehamilannya. Pada trimester ini gejala mual muntah sudah menghilang, begitu juga dengan gejala lemas. Namun tidak menutup kemungkinan adanya keluhan lain yang muncul, seperti:

Nyeri punggung

Peningkatan berat badan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dapat menekan bagian belakang dari punggung, sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada bagian punggung. Untuk mengurangi tekanan pada bagian punggung, Anda dapat menggunakan bangku yang menyokong bagian punggung lalu usahakan untuk duduk tegak lurus. Atur juga posisi tidur Anda, yakni dengan posisi tidur miring serta letakkan bantal di antara kedua kaki. Hindari penggunaan sandal atau sepatu dengan hak tinggi.

Payudara semakin membesar

Payudara akan semakin membesar seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Terkadang perubahan ini memberikan rasa kurang nyaman pada sebagian wanita hamil. Anda dapat mengatasi keluhan ini dengan mengganti ukuran beha Anda dengan ukuran yang lebih besar, serta menggunakan beha yang Anda rasa nyaman digunakan.

Pertumbuhan rambut yang banyak

Hormon yang meningkat selama masa kehamilan dapat memicu pertumbuhan rambut yang lebat. Rambut dapat tumbuh di berbagai tempat yang belum pernah ditumbuhi oleh rambut sebelumnya, termasuk bagian lengan, wajah, dan punggung. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan cukur rambut, karena tindakan seperti waxing atau hair removal belum dapat dibuktikan tingkat keamanannya untuk janin.

Praeklampsia

Praeklampsia biasa terjadi pada trimester ketiga, namun pada beberapa wanita hamil dapat muncul pada trimester kedua. Segeralah hubungi dokter jika Anda mengalami pembengkakan pada bagian tungkai, tangan, dan wajah disertai dengan pandangan kabur, terdapat bayangan hitam pada mata, nyeri pada bagian kanan perut, serta mudah terjadi lebam.

Gusi berdarah

Sebagian besar wanita hamil mengalami keluhan gusi berdarah dan bengkak. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, sehingga gusi mudah sekali berdarah. Namun keluhan ini dapat kembali normal setelah Anda melahirkan. Untuk mengatasi gangguan ini, Anda dapat menggunakan sikat gigi dengan sikat yang lembut dan lakukan sikatan perlahan saat menggunakannya.

Sakit kepala

Sakit kepala saat hamil sering dirasakan oleh wanita hamil. Hal yang dapat Anda lakukan saat keluhan ini terjadi adalah segera beristirahat. Apabila istirahat tidak dapat mengatasi nyeri yang dirasakan, Anda dapat mengonsumsi obat yang mengandung acetaminophen yang aman untuk wanita hamil. 

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD dapat terjadi saat kehamilan karena terjadi peningkatan hormon progesteron. Untuk mencegah keluhan ini muncul, Anda dapat mencoba meningkatkan frekuensi makan namun dengan porsi sedikit, serta mengindari makanan berminyak, pedas dan asam.

Ambeien

Ambeien yang terjadi saat hamil disebabkan karena pembuluh darah balik mengalami pelebaran, serta adanya peningkatan tekanan di daerah anus karena pertambahan ukuran rahim.  Untuk mengatasinya, Anda dapat duduk berendam selama 10 menit di air hangat. Apabila keluhan semakin menganggu, segera hubungi dokter Anda untuk dapat dilihat secara langsung dan mendapatkan terapi yang optimal.

Kram di kaki

Keluhan kram di kaki pada kehamilan trimester kedua memang biasa terjadi. Umumnya kram dirasakan saat malam hari. Untuk mencegah kaki kram selama kehamilan, Anda dapat melakukan aktivitas peregangan otot sebelum tidur. Sedangkan untuk mengatasi keluhan kaki kram saat terjadinya, Anda dapat menguranginya dengan mandi air hangat. 

2 Komentar