Sukses

Pijat yang Aman untuk Penderita Radang Sendi

Penderita artritis kronis dapat memperoleh manfaat dari teknik pemijatan secara teratur, baik itu dilakukan sendiri di rumah maupun dengan bantuan terapis di klinik.

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com - Pijat adalah teknik kuno yang bertujuan mengurangi rasa nyeri dan stres, yang telah dipraktikkan di berbagai budaya di seluruh dunia. Teknik ini tidak hanya melibatkan manipulasi fisik terhadap jaringan tubuh, namun juga metode relaksasi.

Pijat dapat menurunkan produksi hormon stres dalam tubuh, meningkatkan produksi serotonin, dan memperbaiki suasana hati seseorang. Beberapa jenis pijat dapat membantu mengurangi keluhan pada Anda yang memiliki artritis. Namun sebelum memutuskan untuk dipijat, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda agar dapat dipastikan bahwa teknik pemijatan tersebut aman untuk kondisi Anda.

Ketika mempertimbangkan untuk dipijat, waspadalah bila terdapat kondisi medis berikut:

  • Kerusakan atau pengikisan sendi akibat artritis.
  • Episode akut peradangan, demam, atau ruam pada kulit.
  • Osteoporosis berat.
  • Tekanan darah tinggi, terutama yang tidak terkontrol dengan pengobatan.
  • Varises pembuluh darah vena.

Beberapa jenis teknik pijat yang dapat dilakukan pada pasien artritis adalah myofascialrelease, refleksologi, hot stone/cold stone massage, trigger point massage, dan sebagainya. Program terapi fisik atau rehabilitasi medis pasien artritis yang dirancang oleh dokter juga umumnya meliputi teknik pemijatan yang disesuaikan dengan kondisi medis pasien.

Pasien yang memiliki artritis kronis dapat memperoleh manfaat dari teknik pemijatan secara teratur (baik itu dilakukan sendiri di rumah maupun dengan bantuan terapis di klinik), yakni dapat mengurangi rasa nyeri dan kekakuan akibat radang sendi, serta membantu meningkatkan kualitas tidur pasien.

Apabila pemijatan aman untuk Anda, informasikan kepada terapis bahwa Anda memiliki artritis, agar teknik pemijatan dapat dilakukan secara hati-hati tanpa memperberat keluhan radang sendi Anda. Jika pemijatan menimbulkan nyeri, maka hentikan segera. Pemijatan bukanlah terapi utama artritis, namun merupakan terapi tambahan untuk mengurangi rasa nyeri dan membuat Anda lebih rileks.

0 Komentar

Belum ada komentar