Sukses

Lakukan Kiat Ini Jika Sendi Meradang

Meskipun artritis dapat terkontrol, namun dalam keadaan tertentu dapat timbul episode akut nyeri, peradangan, dan kekakuan sendi. Bagaimana cara mengatasinya?

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com – Mereka yang menderita artritis atau radang sendi dapat beraktivitas secara normal dan mengontrol penyakitnya apabila prinsip perawatan artritis dilakukan dengan baik. Tujuan perawatan artritis adalah untuk mengontrol nyeri, meminimalisasi kerusakan sendi, memperbaiki atau menjaga fungsi sendi dan kualitas hidup.

Perawatan artritis meliputi terapi farmakologik (dengan menggunakan obat-obatan), terapi nonfarmakologik (terapi fisik, penggunaan alat bantu, edukasi dan dukungan terhadap pasien, penurunan berat badan, nutrisi yang baik dan diet seimbang), serta pembedahan.

Meskipun artritis merupakan kondisi yang kronik dan dapat terkontrol, dapat timbul episode akut nyeri, peradangan, dan kekakuan sendi, yang disebut juga flare. Hal ini sering didapati pada artritis rematoid. Gejala tersebut bisa timbul setelah adanya infeksi, merokok, atau ketika pasien sedang mengalami stres.

Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan bila nyeri tersebut datang kembali:

  • Seimbangkan waktu beraktivitas dan waktu beristirahat

Istirahat dapat membantu mengatasi nyeri artritis, namun istirahat yang terlalu panjang juga dapat memperlama nyeri yang dirasakan. Dokter atau terapis dapat membantu memodifikasi program terapi fisik apabila nyeri tersebut datang. Selingi periode istirahat dengan aktivitas ringan, untuk mencegah persendian menjadi kaku. Gerakkan sendi hingga mencapai rentang gerak maksimum yang dapat dicapai, lalu tambahkan rentang gerak ketika nyeri sudah tidak dirasakan.

  • Tempelkan kompres dingin atau hangat

Kompres hangat dapat mengurangi rasa nyeri dan membuat nyaman. Namun ketika sedang meradang, tempelkan kompres dingin untuk membantu mengurangi peradangan dan ketegangan otot, serta menurunkan aliran darah menuju area yang meradang.

  • Latihan relaksasi

Nyeri akut dapat dipicu oleh stres. Karena itu, dibutuhkan pengelolaan stres yang baik agar Anda menjadi tenang. Lakukan kegiatan rutin yang membuat Anda rileks seperti meditasi, yoga, latihan pernapasan, atau kegiatan spirituat.

  • Komunikasikan dengan keluarga atau kerabat

Tujuannya adalah bila nyeri datang, mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan dan dapat membantu Anda.

  • Berkonsultasi kepada dokter

Diskusikan dengan dokter Anda mengenai langkah yang dapat Anda lakukan bila timbul episode akut. Dosis obat yang biasanya Anda konsumsi mungkin akan diubah atau ditambah secara sementara, sehingga kerusakan sendi lebih lanjut dapat dicegah.

1 Komentar