Sukses

Kenali Gejala dan Jenis Kanker Kulit Sejak Dini

Dengan memahami gejala dan jenis kanker kulit sejak dini, Anda dapat mencegah risiko dan kemungkinan komplikasi yang terjadi.

KlikDokter.com - Kanker kulit adalah pertumbuhan sel kulit yang abnormal, dan umum terjadi pada daerah yang sering terpapar sinar matahari. Kanker kulit dapat dialami oleh individu dari berbagai ras dan warna kulit, namun individu yang memiliki warna kulit terang cenderung memiliki risiko lebih tinggi. Semakin dini deteksi kanker kulit, maka semakin tinggi tingkat kesembuhannya.

Berikut adalah jenis-jenis kanker kulit yang perlu diketahui:

1. Actinic Keratoses (AK)

Merupakan lesi prakanker, yang berupa bercak atau bintik bersisik dan kering. Umumnya dialami individu berkulit terang dan timbul di atas usia 40 tahun karena paparan matahari bertahun-tahun.

AK timbul pada kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kepala, leher, tangan, dan lengan. AK dapat berkembang menjadi jenis kanker kulit ganas yaitu karsinoma sel skuamosa, sehingga pengobatan dini amatlah penting

2. Basal Cell Carcinoma (Karsinoma Sel Basal)

Merupakan jenis kanker kulit yang paling umum ditemukan. BCC dapat dialami oleh individu dengan kulit terang maupun gelap.

Gejala awal tampak seperti benjolan berwarna daging atau merah muda, dan berkembang bertahun-tahun akibat kulit sering terpapar sinar matahari atau proses tanning di dalam ruangan.

BCC sering didapati pada area kulit kepala, leher, lengan, maupun daerah tubuh lain seperti dada, perut, dan kaki. Deteksi dan pengobatan dini BCC amat penting karena dapat merusak jaringan sekitarnya seperti saraf dan tulang.

3. Squamous Cell Carcinoma (Karsinoma Sel Skuamosa)

Jenis kanker ini dapat dialami oleh individu berkulit terang maupun gelap. SCC tampak seperti benjolan kemerahan, bersisik dan nyeri, seperti luka yang dapat sembuh namun kemudian luka kembali.

SCC timbul pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kepala, wajah, leher, belakang telinga, lengan, dada, atau punggung. SCC dapat tumbuh lebih dalam pada kulit dan menyebabkan perubahan bentuk jaringan. Deteksi dan pengobatan dini dapat mencegah SCC berkembang ke bagian tubuh lainnya.

4. Melanoma maligna

Merupakan bentuk kanker kulit paling mematikan. Melanoma sering kali timbul seperti tahi lalat atau bercak kecoklatan yang baru muncul pada kulit. Tanda awal melanoma adalah bercak yang tampak berbeda dari tahi lalat biasa, berubah bentuk atau ukuran atau warna, terasa gatal, atau berdarah. Melanoma dapat menyebar dengan cepat ke bagian tubuh lainnya, oleh karena itu membutuhkan deteksi dan penanganan segera oleh dokter.

Lakukan pemeriksaan rutin berkala pada kulit Anda, terutama pada bagian yang sering terpapar sinar matahari. Apabila terdapat bercak atau benjolan yang tidak wajar seperti yang telah disebutkan di atas dan sebelumnya tidak ada, periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk evaluasi lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar