Sukses

Pentingnya Konsumsi Buah untuk Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan tubuh, buah juga sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit Anda.

KlikDokter.com - Buah harus menjadi bagian penting dari diet harian Anda. Dengan kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral alami, buah tidak hanya berfaedah untuk pencernaan dan kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan kulit. Tidak heran jika buah banyak dijadikan sebagai bahan dasar masker wajah, lotion, dan lain-lain. Berikut adalah contoh buah-buahan yang bermanfaat untuk kulit Anda:

Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium, vitamin (B6, C, A), asam folat, zat besi, hingga magnesium. Asupan kalium yang dianjurkan untuk dewasa adalah sekitar 4700 mg per hari. Satu buah pisang menyediakan sekitar 450 mg kalium dan 100 kalori. Selain menyeimbangkan elektrolit, pisang dapat digunakan sebagai masker wajah karena membantu melembabkan dan menghaluskan kulit.

Buah-buahan tropis

Beruntunglah kita yang tinggal di negara tropis, yang kaya akan variasi buah bermanfaat. Buah-buahan seperti jambu, pepaya, nanas, kiwi, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang memberi perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas (contohnya sinar ultraviolet maupun polusi udara). Vitamin C juga membantu produksi kolagen kulit sehingga kulit tetap terjaga elastisitasnya.

Tomat

Tomat mengandung empat jenis karotenoid (suatu pigmen organik yang memberi warna pada buah dan sayuran), antara lain alpha-carotene, beta-carotene, lutein, dan lycopene. Tomat juga mengandung tiga jenis antioksidan kuat yakni beta-carotene yang dikonversi tubuh menjadi vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, yang kesemuanya memiliki aktivitas antioksidan dalam tubuh.

Beri

Stroberi, bluberi, dan beri hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dalam bentuk pigmen anthocyanin yang memberi warna pada buah tersebut, ellagic acid yang merupakan antioksidan poten, hingga vitamin C. Semua jenis antioksidan tersebut memberikan kilau alami kulit dari dalam, melindungi kulit dari radikal bebas, dan meminimalisasi tanda penuaan pada kulit. Golongan beri juga mengandung asam lemak esensial yang mengurangi reaksi peradangan pada kulit.

Buah-buahan ini cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Usaha mempercantik kulit dapat dimulai dengan langkah sederhana yakni menambahkan buah setiap sarapan, makan siang, dan makan malam. Pilihlah jenis buah yang bervariasi agar manfaat yang Anda peroleh pun lebih banyak.

0 Komentar

Belum ada komentar