Sukses

Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah mengeluhkan adanya pusing berputar seolah sekeliling Anda berputar? Jika ya, bisa jadi Anda menderita vertigo.

KlikDokter.com - Vertigo merupakan keluhan pusing berputar yang dialami khususnya saat perubahan posisi. Banyak penyakit yang dapat menyebabkan keluhan vertigo. Karena itu, penanganan penyakit yang mendasari merupakan kunci dari penanganan vertigo.

Penyebab Vertigo

Vertigo bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, di antaranya:

  1. BPPV

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah penyebab terumum pusing berputar. Penyakit ini terjadi sebagai akibat adanya partikel kalsium di dalam kanal telinga dalam. Kanal telinga ini berfungsi sebagai organ keseimbangan pada manusia. Adanya partikel kalsium akan menyebabkan gangguan keseimbangan.

  1. Penyakit Meniere

Penyakit meniere disebabkan adanya penumpukan cairan pada telinga bagian dalam. Penumpukan cairan ini akan menyebabkan peningkatan tekanan pada telinga bagian dalam. Selain keluhan pusing berputar, pasien dengan meniere akan mengeluhkan adanya pendengaran berdenging dan gangguan pendengaran.

  1. Labirinitis

Labirinitis adalah gangguan pada telinga dalam yang disebabkan oleh infeksi virus. Peradangan akan mengganggu saraf yang berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Gejala Vertigo

Vertigo biasanya dicetuskan oleh perubahan posisi kepala Anda. Penderita vertigo akan mengeluhkan adanya keluhan khas seperti:

  • Pusing berputar.
  • Tidak seimbang.
  • Mual.
  • Gangguan pendengaran.

Penanganan Vertigo

Penanganan vertigo tergantung dari penyebab vertigo Anda. Pada beberapa keadaan, vertigo dapat sembuh dengan sendirinya. Terdapat beberapa terapi yang tersedia untuk membantu mengurangi gejala vertigo, yakni:

  1. Rehabilitasi Vestibular

Rehabilitasi vestibular merupakan terapi yang bertujuan menguatkan sistem vestibular Anda. Fungsi dari sistem vestibular adalah untuk mengirimkan sinyal ke otak terkait gerakan Anda.

  1. Manuver Reposisi Kanalith

Apabila penyebab vertigo Anda adalah BPPV, maka sebuah manuver untuk memindahkan deposit kalsium keluar dari kanal dapat dicoba. Dengan keluarnya partikel kalsium ini, diharapkan kanal akan kembali bersih.

  1. Obat

Pada beberapa kasus dapat diberikan antibiotik dan steroid untuk mengurangi peradangan dan infeksi.

  1. Pembedahan

Langkah ini dapat diambil jika penyebab vertigo adalah tumor atau cedera pada otak dan leher. Penanganan berbagai masalah ini akan membantu mengurangi gejala vertigo.

0 Komentar

Belum ada komentar