Sukses

Kenali Perbedaan Migrain dan Vertigo

Migrain dan vertigo adalah dua kondisi medis yang berbeda, karena itu memerlukan penanganan yang berbeda pula untuk mengatasinya.

KlikDokter.com - Sakit kepala merupakan gejala yang umum dikeluhkan. Banyak orang sering menggunakan istilah migrain atau vertigo untuk menggambarkan sakit kepala yang dirasakannya. Padahal migrain dan vertigo adalah dua diagnosis penyakit yang berbeda, serta memerlukan penanganan yang berbeda. Berikut adalah tiga hal yang penting untuk diketahui seputar migrain dan vertigo:

  1. Umumnya, gejala vertigo adalah sensasi pusing berputar, sedangkan migrain berupa nyeri kepala seperti diikat.

Keluhan sakit kepala merupakan istilah yang umum digunakan untuk mendeskripsikan sensasi perasaan tidak nyaman, berputar, dan kedutan pada kepala. Namun seorang dengan vertigo akan mengeluhkan adanya sensasi sekeliling terasa berputar, khususnya yang dicetuskan oleh pergerakan kepala.

Bagaimana dengan migrain? Sebanyak 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Namun pasien migrain juga dapat mengeluhkan sakit kepala dua sisi seperti sensasi terikat.

  1. Vertigo disebabkan oleh adanya partikel kalsium dalam kanal telinga dalam, sedangkan migrain adalah gangguan multifaktor.

Apa penyebab vertigo dan migrain? Terdapat beberapa penyebab vertigo, salah satunya adalah adanya partikel dalam kanal telinga bagian dalam. Partikel ini dapat menyebabkan gangguan persepsi keseimbangan tubuh. Sedangkan penyebab migrain masih dipelajari sampai saat ini, namun diduga terdapat ketidakseimbangan senyawa pada otak yang bertugas dalam meregulasi rasa nyeri pada manusia. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, sindrom pramenstruasi, lapar atau makanan tertentu. 

  1. Pasien dengan migrain dapat mengeluhkan gejala sebelum sakit kepala timbul, atau disebut aura. Sedangkan vertigo tidak memiliki aura.

Di samping sakit kepala, sebagian penderita migrain juga dapat mengalami aura sebelum mengalami serangan sakit kepala. Aura adalah gejala berupa gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala. Gejala ini tidak dijumpai pada vertigo. 

0 Komentar

Belum ada komentar