Sukses

Sakit Kepala Saat Datang Bulan, Ini Penyebab dan Solusinya

Selain nyeri perut, salah satu keluhan saat datang bulan adalah sakit kepala.

KlikDokter.com - Datang bulan merupakan momok bagi sebagian wanita karena gejala yang tidak menyenangkan. Beberapa orang akan mengeluhkan nyeri perut yang tidak tertahankan, mual, dan keluhan sakit kepala. Berbagai keluhan ini menyebabkan Anda tidak konsentrasi dalam bekerja serta menurunkan tingkat produktivitas.

Penyebab Sakit Kepala Saat Datang Bulan

Sakit kepala bisa merupakan gejala sampingan dari dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah menstruasi yang terasa sakit, kadang keluhan sakit tersebut bisa menyebabkan sensasi nonspesifik seperti nyeri kepala.

Penyebab keluhan saat menstruasi masih dipelajari sampai saat ini. Namun salah satu penyebab berbagai keluhan pada pasien dysmenorrhea adalah adanya senyawa bernama prostaglandin.

Prostaglandin menyebabkan peningkatan tonus myometrial dan kontraksi uterus, sehingga memicu keluhan seperti kram perut. Sakit kepala juga sering kali menjadi keluhan saat datang bulan. Ini diduga berhubungan dengan kadar hormon estrogen yang rendah. Selain itu, berbagai keluhan ini juga dikaitkan dengan keadaan psikis seseorang.

Solusi Keluhan Sakit Kepala Saat Datang Bulan

Terdapat beberapa cara untuk mengurangi sakit kepala saat datang bulan. Anda dapat mencoba beberapa kiat berikut ini untuk mengurangi sakit kepala Anda:

  1. Istirahat. Jika keluhan nyeri kepala timbul, cobalah untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri Anda melanjutkan pekerjaan Anda. Berbaringlah sejenak dan minum air hangat.
  2. Relaksasi. Cobalah untuk melakukan relaksasi dan mengatur pernapasan Anda sejenak. Jika Anda terbiasa bermeditasi, Anda dapat melakukannya untuk mencoba menurunkan tekanan pada pikiran dan fisik Anda.
  3. Obat pereda nyeri. Terdapat beberapa obat pereda nyeri yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala dysmenorrhea primer. Namun, lebih bijakasana jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini. Keluhan dysmenorrhea dapat juga disebabkan oleh berbagai penyakit seperti endometriosis dan kista ovarium. 

0 Komentar

Belum ada komentar