Sukses

Maag Kronis Dapat Menyebabkan Kanker?

Anda sering maag? Sudah saatnya harus ekstra hati-hati merawat dan mencegah maag kambuh berulang. Pasalnya, maag yang menahun dapat menyebabkan kanker! Berikut penjelasan dr. Mega Puteri di sini.

KliKDokter.com - Gastritis kronis adalah pembengkakan atau peradangan pada lapisan permukaan mukosa lambung yang terjadi dalam jangka waktu lama tanpa penyembuhan yang maksimal. Sakit perut serta gejala sakit maag yang dirasakan dapat terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu, berbeda dengan gastritis akut yang muncul secara tiba-tiba.

Berbagai penyebab dapat mengiritasi lambung Anda sehingga menjadi penyakit Gastritis kronis, diantaranya:

  • Penggunaan obat anti inflamasi dalam jangka panjang (aspirin, ibuprofen, dll)
  • Konsumsi alcohol yang berlebihan
  • Bakteri penyebab tukak lambung (Helicobacter Pylori)
  • Penyakit-penyakit tertentu (gagal ginjal)
  • Stress terus menerus

Siapa yang berisiko terjadinya Gastritits Kronis?

Anda berisiko lebih besar jika gaya hidup Anda yang tidak baik (pola makan, dll), serta kebiasaan mengkonsumsi makanan yang meningkatkan produksi asam lambung, seperti konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, minyak, asam, pedas, minum kopi, dan alcohol.

Gaya hidup yang penuh stres atau pengalaman traumatis yang meningkatkan kemarahan juga dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung Anda. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau penyakit tertentu, seperti penyakit Crohn, gagal ginjal, Anda juga lebih berisiko untuk menderita gastritis kronis.

Dapatkah Gastritis Kronis menyebabkan kanker?

Gastritis kronis dapat menimbulkan beberapa komplikasi dari yang ringan hingga berat. Komplikasi dari penyakit ini antara lain:

  • Tukak lambung

Luka yang lebih mendalam di lapisan lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran dan perdarahan pada lambung.

  • Anemia

Perdarahan yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan anemia.

  • Kekurangan Vitamin B12.

Vitamin B12 penting dalam pembentukan sel darah merah dan sel-sel saraf. Penyerapan vitamin ini terjadi di lambung dan usus. Gastritis kronis adalah keadaan yang menyebabkan peradangan kronis pada lambung sehingga terjadi kerusakan pada sel-sel mukosa lambung, dengan demikian terjadi gangguan penyerapan di lambung maupun usus.

  • Kanker.

Gastritis kronis meningkatkan risiko untuk terjadinya pertumbuhan abnormal dari sel-sel lambung, dapat berupa jinak atau ganas, oleh karena peradangan yang terjadi terus menerus. Helicobacter Pylori merupakan factor penyebab utama pada kondisi gastritis kronis yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung bila tidak diobati. Kanker lambung yang dimaksud adalah Mucosa-associated Lymphoid Tissue (MALT).

0 Komentar

Belum ada komentar