Sukses

Kenalkan Buah Sejak Dini Melalui MPASI

Memperkenalkan MPASI sebaiknya dimulai dari tekstur yang paling lembut dan mudah dicerna, misalnya buah-buahan.

KlikDokter.com - Menginjak usia 6 bulan, Si Kecil sudah memerlukan MPASI untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Selain bubur susu, biskuit, dan bubur saring, buah-buahan juga penting untuk diberikan karena kaya akan vitamin dan mineral alami yang penting untuk tumbuh kembangnya. Buah-buahan juga merupakan sumber serat yang bagus untuk pencernaan Si Kecil. Kemudian, apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak menambahkan buah dalam menu MPASI?

1. Sebelum menyiapkan dan membilas buah, cuci tangan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membuang biji-bijian, kulit, tangkai, dan daun buah.

2. Buah dapat diberikan dalam bentuk puree dengan campuran ASI atau susu formula, maupun dalam bentuk jus buatan sendiri (100% buah alami). Namun, pemberian jus perlu dibatasi karena dapat membuat Si Kecil cepat kenyang serta memicu masalah pencernaan apabila dikonsumsi berlebihan.

3. Jika buah perlu dimasak terlebih dahulu, misalnya ketika hendak membuat puree, gunakan air secukupnya pada panci yang tertutup, kukus hingga buah cukup empuk untuk dijadikan puree. Hindari memasak terlalu lama agar kandungan vitamin di dalamnya tidak rusak. Setelah masak, diamkan selama sekitar 10 menit untuk kemudian dihaluskan atau dijadikan puree.

4. Buah yang dapat diberikan sejak awal MPASI antara lain pisang, alpukat, melon, pepaya, semangka, apel, pir, dan mangga.

5. Sekitar usia 8-12 bulan, tekstur makanan yang lebih padat dapat diterima oleh bayi. Berikan buah dalam potongan kecil atau diparut, sehingga dapat dipegang oleh Si Kecil dan dimasukkan sendiri ke dalam mulutnya. Namun perhatikan keras atau lembutnya buah tersebut. Hindari potongan buah yang dapat menyebabkan bayi tersedak (konsistensi keras, sulit dikunyah). Tambahkan variasi buah seperti jeruk, kiwi, dan nanas.

Dalam mengenalkan buah kepada Si Kecil, lakukanlah secara bertahap. Berikan jarak tujuh hari sebelum pemberian jenis buah yang baru, dan pantau adanya reaksi yang timbul seperti masalah pencernaan maupun alergi.

0 Komentar

Belum ada komentar