Kesehatan Anak

Kenali Gejala Diare Akut pada Anak

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 21 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cara menangani diare bukan minum oralit semata, tapi ada beberapa hal yang penting Anda ketahui lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kenali Gejala Diare Akut pada Anak

KlikDokter.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendefinisikan diare sebagai keadaan yang membuat anak buang air besar dengan frekuensi lebih sering dan konsistensi tinja yang lebih encer dari biasanya. Jika kejadian diare terjadi dalam beberapa hari maka disebut dengan diare akut. Gejala lain yang mungkin dapat timbul bersama dengan diare adalah demam dan sakit perut.

Gejala ini begitu menonjol sehingga kondisi anak dapat menurun dengan cepat. Pada saat diare, tubuh anak akan kehilangan cairan dan elektrolit dengan cepat. Padahal tubuh anak terdiri dari cairan dalam jumlah yang besar. Hal ini dapat membuat dehidrasi terjadi lebih cepat pada anak-anak.

Semakin kecil usia anak, maka dehidrasi lebih rentan terjadi.

Untuk itu, selain mengenali gejala diare, penting bagi orang tua untuk segera mengenali gejala-gejala dehidrasi:

  • Anak terlihat haus dan lemas
  • Sedikit buang air kecil
  • Bibir kering
  • Mata terlihat cekung
  • Kekenyalan kulit menurun

Tanda dan gejala di atas menunjukkan dehidrasi ringan-sedang dan juga membutuhkan pertolongan medis di rumah sakit. Sedangkan jika terdapat gejala-gejala lebih lanjut seperti berikut ini, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

Kenali Gejala Diare Akut pada Anak

Gejala-gejala lebih lanjut seperti berikut ini:

  • Napas menjadi semakin cepat dan dalam
  • Kesadaran menurun
  • Denyut nadi menjadi semakin cepat

Maka, anak sudah jatuh dalam kondisi dehidrasi berat dan membutuhkan pertolongan medis di rumah sakit segera.

Penanganan diare pada anak sangat ditentukan dari status dehidrasinya. Untuk itu, Ayah dan Ibu perlu lebih waspada dalam menangani diare pada anak untuk penanganan yang tepat.

Cuci tanganpencegahan penyakitKebersihan TanganCara Mencegah PenyakitCara Meningkatkan Daya Tahan TubuhGlobal Hand Wash DayDiareDisentri

Konsultasi Dokter Terkait