Sukses

Hindari Ancaman Batuk Pilek dengan Langkah Sederhana

Batuk pilek merupakan kondisi medis yang biasa terjadi, dan waktunya kadang tidak terduga. Baca cara mengatasinya di sini!

KlikDokter.com - Hidung gatal, berair, bersin, dan batuk melanda. Apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh kita?

Keluhan batuk, pilek, bersin, dan terkadang disertai demam, sebenarnya perlu dibedakan menjadi dua jenis, yaitu selesma (common cold) dan influenza.

Yang pertama lebih ringan daripada yang kedua. Meskipun keduanya memiliki gejala yanh hampir sama, namun merupakan penyakit yang berbeda. Keduanya disebabkan oleh virus dan ditularkan lewat udara atau kontak langsung lewat droplet saat seseorang bersin, batuk, dan pilek.

Definisi selesma & influenza

Selesma merupakan batuk pilek yang sering terjadi dan umumnya disebabkan oleh rhinovirus atau cold virus lainnya yang jumlahnya ratusan. Penyakit ini terbilang ringan. Gejala-gejalanya trermasuk batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, dapat disertai demam ringan atau tidak. Selain itu, selema biasanya dapat sembuh sendiri dan tidak berlangsung lama. Istirahat dan asupan cairan yang cukup serta makanan bergizi  dapat mempercepat penyembuhan.

Sementara itu influenza disebabkan oleh virus influenza, yang dapat ditularkan dari manusia maupun hewan (seperti pada flu burung). Influenza merupakan batuk pilek yang lebih berat. Batuk dan pilek terjadi lebih lama, disertai dengan demam tinggi dan pegal-pegal atau rasa lemas pada otot. Penyakit ini membutuhkan pengobatan lebih khusus dan terkadang perlu untuk dirawat.

Persamaan selesma & influenza

Cold virus maupun virus influenza ada di sekitar kita, sehingga infeksi sangat mudah terjadi. Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi, daya tahan tubuh berguna untuk melawan infeksi.  Ketika daya tahan tubuh Anda kurang baik, maka dapat memperberat infeksi virus yang telah terjadi atau mempermudah terjadinya infeksi.

Jika infeksi virus ini tidak segera sembuh, maka dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Biasanya ditandai dengan dahak atau cairan ingus yang lebih kental, berwarna kehijauan, keluhan yang tak kunjung reda dan lebih lama. Pada infeksi virus influenza yang tidak segera ditangani, penyakit dapat menjadi semakin berat hingga menyebabkan radang paru. Pada tahap ini, diperlukan pengobatan antibiotik untuk proses penyembuhan.

Lalui bagaimana dengan pencegahannya? Halaman berikut penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Hindari Ancaman Batuk Pilek dengan Langkah Sederhana

Pencegahan

Terdapat dua hal penting untuk pencegahan, yakni:

  1. Etika batuk dan bersin yang baik dan benar

Hindari Ancaman Batuk Pilek dengan  Langkah Sederhana

  • Jika harus bersin atau batuk, tutuplah mulut dan hidung dengan tisu.
  • Buanglah tisu kotor pada tempat sampah, segera.
  • Jika tidak memiliki tisu, alihkan wajah ke bahu atau siku pada saat batuk atau bersin.
  • Rajinlah mencuci tangan. Sabun dan air adalah sarana mencuci tangan yang paling baik. Namun, jika sabun dan air tidak tersedia makan gunakanlah produk handrub antiseptik.
  1. Mencuci Tangan

Seperti telah disebutkan di atas, mencuci tangan adalah kunci penting dalam pencegahan segala penyakit, termasuk selesma dan influenza. Center of Disease Control (CDC) menyebutkan bahwa 80% penyakit yang ada ditularkan oleh tangan Anda. Dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan, rantai penularan penyakit dapat diputus.

Jadi, ingin terhindar dari batuk pilek yang mengganggu? Jagalah daya tahan tubuh dan sigaplah mencuci tangan agar tidak mudah diserang virus dan bakteri yang beredar di sekitar Anda. Selain itu, tunjukkan kepedulian terhadap orang di sekeliling ketika Anda sedang sakit, dengan mempraktikkan etika batuk dan bersin yang baik demi mencegah penularan penyakit. 

0 Komentar

Belum ada komentar