Sukses

7 Bahaya Kulit Kering

Kulit kering tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga kesehatan. Berikut penjelasan dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK di sini selengkapnya.

KlikDokter.com – Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita seringkali membuat kulit kita menjadi kering. Lingkungan dengan kelembaban rendah, seperti ruangan berpendingin (ber-AC), daerah dataran tinggi, daerah sub-tropis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Belum lagi paparan asap rokok dan polusi udara juga menimbulkan masalah kulit kering.

Seringkali di antara kita mengeluhkan kulit wajah berminyak sehingga kulit tampak ‘kucel’. Lalu berbagai upaya dilakukan untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan kosmetik atau skin care yang berbahan dasar alkohol atau bahkan alkohol itu sendiri menyebabkan kulit kehilangan kelembabnya. Mencuci wajah berulang-ulang menggunakan sabun juga dapat membuat kulit menjadi kering.

Tapi tahukah kamu bahwa terdapat bahaya yang mengintai jika kulit wajah dan tubuhmu kering? Berikut ini di halman selanjutnya beberapa masalah yang dapat timbul akibat kulit kering:

1 dari 2 halaman

7 Bahaya Kulit Kering

  1. Kulit kering tentu saja menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik karena kulit yang kering memiliki tekstur kaku dan tidak kenyal. Akibatnya kulit menjadi tampak tidak sehat dan memiliki permukaan kulit yang kusam dan kasar.
  2. Penampakan menjadi lebih cepat terkesan tua karena garis-garis kulit menjadi lebih kentara. Selain itu, proses penuaan pada kulit tampak lebih cepat pada kulit yang kering berupa kerut dan keriput karena kulit kehilangan sifat kekenyalannya.
  3. Kemampuan perlindungan kulit menurun sehingga kulit menjadi lebih rentan dan sensitif terhadap zat penyebab alergi dan iritasi yang terdapat pada bahan kosmetik atau skin care yang digunakan sehari-hari, ataupun bahan penyebab alergi dan iritasi yang terdapat dari lingkungan. Misalnya orang yang alergi debu akan menjadi lebih rentan mengalami kelainan kulit jika kulitnya kering dibandingkan jika kulitnya lembab.
  4. Kulit kering lebih rentan terhadap kuman dan penyebab penyakit lainnya. Hal ini disebabkan kulit yang kering tidak dapat berfungsi baik sebagai perlindungan kulit. Pada kulit yang kering terdapat mikrolesi yang dapat menjadi pintu masuk bagi kuman. Akibatnya dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit.
  5. Kulit kering bersifat rapuh dan mudah luka atau lecet. Gesekan atau benturan ringan dapat menyebabkan luka. Sedangkan pada kulit yang memiliki kelembaban yang baik, kulit dapat berfungsi sebagai bantalan yang melindungi terhadap gesekan maupun benturan.
  6. Pada kulit yang kering dapat menyebabkan rasa gatal.  Hal ini disebabkan karena kulit yang kering mencetuskan reaksi peradangan pada kulit. Meskipun pada awalnya peradangan ini bersifat ringan, namun akibat garukan reaksi peradangan kulit biasanya menjadi semakin hebat dan menimbulkan rasa gatal yang lebih kuat dan akhirnya kerusakan kulit akibat garukan.
  7. Kulit yang dibuat kering pada orang yang berjerawat tidak menyelesaikan masalah jerawatnya. Justru kulit akan menjadi semakin sensitif dan reaksi peradangan akibat jerawatnya semakin hebat. Sering kali justru akan timbul acne break out atau munculnya banyak jerawat secara mendadak.

Oleh karena itu sangat penting menjaga kelembaban kulit. Jangan sembarangan memilih produk perawatan kulit supaya kulit terhindar dari masalah kulit kering.

0 Komentar

Belum ada komentar