Sukses

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

Tanpa Anda sadari, ada 6 kebiasaan dalam rutinitas mencuci wajah yang sering dilakukan kebanyakan orang. Pastikan Anda tidak melakukan salah satu di antara daftar berikut ini yang dijelaskan dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK di sini.

KlikDokter.com - Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika kita banyak terpapar polusi, kotoran, minyak dan keringat, serta make-up. Cara membersihkan kulit yang baik perlu mendapat perhatian. Ada kalanya cara membersihkan kulit yang tidak tepat dan berlebihan justru membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.

Terdapat beberapa kesalahan cara membersihkan wajah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dijumpai:

  1. Mencuci muka terlalu sering

Air merupakan bahan pembersih yang paling baik. Namun mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya akibat iritasi ringan yang terus menerus akibat kebiasaan mencuci muka yang terlalu sering.

  1. Menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa)

Hindari mencuci muka menggunakan sabun yang kuat dan bersifat basa karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab supaya kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal.

  1. Menggunakan sabun mengandung detergen

Deterjen memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menghilangkan minyak sehingga bagus sebagai bahan pembersih. Namun hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit karena menyebabkan rusaknya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya.

Berikut kebiasaan lainnya yang mungkin biasa Anda lakukan tanpa Anda sadari. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

  1. Menggunakan pembersih tanpa air secara berlebihan.

Pembersih tanpa air ini dirancang untuk menghilangkan minyak, sehingga jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Pembersih jenis ini sebaiknya digunakan sesekali saat menggunakan kosmetik ber ataua aktivitas yang menyebabkan penumpukan kotoran dan keringat serta minyak di wajah yang berlebih. Penggunanaanya juga sebaiknya dikombinasi dengan mencuci muka dengan air dan sabun yang mengandung pelembab.

  1. Menggunakan pembersih yang mengandung alkohol

Bahan pembersih seperti ini akan mudah sekali menyebabkan kulit menjadi kering. Alkohol merupakan bahan yang dapat menghilangkan minyak termasuk lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan iritasi pada kulit, akibatnya kulit dapat menjadi kering, merah, dan gatal.

  1. Mencuci muka menggunakan air terlalu panas

Air yang terlalu panas dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit menjadi merah. Selain itu juga dapat merusak lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan cara membersihkan wajah, semoga kita dapat menghindari kerusakan pada kulit akibat kulit kering. Demikiannya kulit kita akan semakin terjaga dan tampak sehat dan lembut. 

0 Komentar

Belum ada komentar