Sukses

Bersahabat dengan Make-up

Tata rias atau make-up sering menjadi biang kerok masalah kesehatan kulit wajah. Nah, berikut tips dari dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK di untuk kiat mencegah masalah kulit akibat tata rias.

KlikDokter.com – Kaum perempuan pada umumnya mengenal make-up secara dekat. Apalagi saat ini semakin semarak macam dan jenis riasan. Rasanya tampilan belum lengkap tanpa pulasan make-up.  Tapi tahukah Anda cara perawatan kulit yang tepat setelah penggunaan make-up agar kulit tetap sehat?  Tahukah Anda risiko apa saja yang dapat menimpa kulit Anda akibat pemilihan kosmetik dan cara perawatan kulit yang tidak tepat?

Setiap kali setelah menggunakan make-up, kita harus membersihkan kulit. Sangat penting untuk mencuci muka setiap kali setelah menggunakan make-up. Mengapa?

Inilah yang terjadi pada kulit Anda ketika menggunakan make-up :

  • Ketika menggunakan make up, secara langsung zat-zat yang terkandung di dalamnya akan menempel pada kulit. Terdapat berbagai zat kosmetik yang mempunyai potensi menyebabkan jerawat.  Jerawat dapat muncul dalam beberapa hari saja setelah penggunaan, bisa juga muncul setelah pemakaian kosmetik beberapa waktu. Kelainan kulit yang timbul dapat berupa jerawat merah berisi nanah, ataupun yang berbentuk komedo.
  • Pemakaian foundation terutama pada kulit berminyak dapat menyebabkan sumbatan saluran kelenjar minyak. Selain dapat menimbulkan jerawat, hal ini dapat juga menyebabkan pori-pori menjadi besar, iritasi maupun alergi kulit.
  • Selain bahan utama make-up, di dalam produk riasan juga terkandung bahan pewangi dan pengawet yang sering kali menjadi penyebab masalah kulit. Keduanya ini sering menyebabkan alergi sehingga terjadi peradangan berupa kemerahan pada kulit, disertai rasa gatal maupun menyengat.

Jika bahan kosmetik tersebut tidak dibersihkan dengan baik, potensi masalah kulit yang dapat muncul akan semakin besar.  Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci muka setelah menggunakan tata rias. Bersihkan sisa-sisa  tata rias dari kulit sampai bersih. Semakin lama bahan kosmetik penyebab masalah menempel pada kulit, maka semakin besar pula risiko gangguan pada kulit.

Untuk membersihkan wajah setelah memakai make-up, Anda dapat menggunakan pembersih khusus seperti susu pembersih, terutama jika Anda menggunakan make-up jenis foundation. Tujuannya adalah agar bahan kosmetik yang berbahan dasar minyak lebih mudah dibersihkan. Setelah itu bilas wajah dengan air dan gunakan sabun untuk membersihkan sisa make-up.   Gunakankan sabun berpelembab supaya kulit menjadi bersih namun tetap lembut karena kelembabannya terjaga.

0 Komentar

Belum ada komentar