Sukses

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Ternyata, tidak sulit untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan segar. Berikut tips selengkapnya oleh dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK di sini.

KlikDokter.com – Wajah adalah asset kita yang perlu dirawat dengan baik. Jika kulit wajah kenyal dan segar, penampilan kita akan terlihat jauh lebih menarik. Tentu lebih nyaman memandang wajah yang kulitnya bersinar daripada wajah yang kusam, bukan?

Tak perlu bersusah payah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal dan segar:

  1. Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan sabun berpelembab.

Air dan sabun bertujuan mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan wajah. Tapi perlu diingat, kulit kita tetap memerlukan lapisan minyak alaminya supaya dapat menjaga kelembabannya sehingga tetap kenyal dan lembut. Oleh karena itu, hindari menggunakan sabun yang terlalu keras, terlalu basa (pH tinggi) karena dapat merusak lapisan minyak alami kulit yang akibatnya menyebabkan kulit menjadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki daya pembersih namun juga sekaligus mengandung pelembab supaya selain membersihkan kotoran, kulit terpelihara kelembabannya.

  1. Cuci muka menggunakan sabun cukup dilakukan 2-3 kali sehari.

Semakin sering kita mencuci muka belum tentu memberikan hasil yang lebih baik. Ternyata mencuci muka cukup 2-3 kali sehari untuk menjaga kebugaran kulit. Terlalu sering mencuci muka menggunakan sabun justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering akibat efek iritasi akumulatif dari sabun dan air itu sendiri.

Berikut kiat lainnya untuk menjaga kekenyalan kulit, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

  1. Gunakan pelembab wajah secukupnya yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Untuk menjaga kulit supaya tetap kenyal dan segar, menggunakan pelembab itu perlu supaya kulit menjadi tidak kering. Namun perlu diperhatikan, lingkungan tropis dan kelembaban tinggi seperti di Indonesia membuat kulit menjadi lebih berminyak dan mudah berkeringat. Pilih pelembab yang berbahan dasar air dan bersifat ringan. Hindari yang terlalu pekat dan bersifat oklusif karena berisiko menimbulkan jerawat di wajah.

  1. Pilih produk kosmetik yang terbukti aman

Maraknya industri kosmetik menghasilkan ragam produk kosmetik yang luar biasa. Selalu pilihlah produk kosmetik yang terbukti aman dan dibuat oleh lembaga yang bertanggungjawab.

Dengan mengetahui beberapa tips di atas, semoga kita bisa menjaga kulit wajah senantiasa segar dan kenyal sehingga membuat penampilan kita semakin menarik. 

0 Komentar

Belum ada komentar