Sukses

Membentuk Pola Makan Sehat untuk Si Kecil

Pembentukan pola makan sehat sejak dini akan mempengaruhi tumbuh kembang Si Kecil pada masa mendatang.

KlikDokter.com - Perilaku makan yang diterapkan sejak dini akan menjadi dasar untuk membentuk pola makan Si Kecil di masa depan. Dengan mengajarkan Si Kecil, Anda dapat membantunya untuk memiliki berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang baik. Oleh karena itu, peran orangtua sangatlah besar dalam mengajarkan perilaku makan yang baik untuk Si Kecil.

Berikut adalah 6 cara yang bisa diterapkan untuk membentuk perilaku makan Si Kecil:

  1. Jadilah panutan untuk Si Kecil. Apa yang Anda lakukan tentu akan diikuti oleh buah hati. Contohnya, kesulitan Si Kecil dalam makan sayur mungkin juga dipengaruhi dengan kebiasaan Anda yang jarang mengonsumsi sayur.
  2. Jangan paksakan Si Kecil untuk menghabiskan makannya, karena seperti orang dewasa, anak juga tahu kapan ia lapar dan sudah merasa kenyang.
  3. Berilah pujian pada Si Kecil jika ia memiliki perilaku makan yang baik.  
  4. Hindari memberikan imbalan berupa permen atau cokelat, semata agar mereka suka sayur atau mau minum susu.
  5.  Apabila Si Kecil sudah memasuki usia sedikit besar, biarkan ia memilih makanan apa yang ingin ia makan. Namun, tetaplah menyajikan pilihan menu sehat di meja makan.
  6. Jangan membiasakan Si Kecil makan sambil menonton televisi atau bermain, karena hal itu akan membuatnya tidak berkonsentrasi terhadap apa yang ia makan. Anak juga harus belajar menghargai kegiatan makan. 

0 Komentar

Belum ada komentar