Sukses

Kenali 7 Penyebab Sakit Kepala

Keluhan sakit kepala pasti pernah dialami oleh semua orang. Apa saja pemicunya?

KlikDokter.com – Sakit kepala biasanya akan hilang setelah mengonsumsi obat. Namun setelah efek obat hilang, maka keluhan itu akan kembali timbul. Untuk mencegah sakit kepala yang berulang, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menjadi pemicunya. Berikut di antaranya:

  • Stres

Tekanan pekerjaan maupun keluarga yang tidak kunjung teratasi, sedikit demi sedikit akan menyebabkan sakit kepala. Stres akan memicu pelepasan zat kimia yang akan mengganggu oksigenasi pembuluh darah, sehingga Anda merasa nyeri pada bagian kepala.

  • Kurang istirahat

Waktu tidur yang tidak cukup dan tidak teratur akan menyebabkan sakit kepala yang terus-menerus hingga hal ini diperbaiki. Pekerjaan memang penting, namun jika tubuh sudah lelah sebaiknya beristirahat.

  • Inflamasi atau peradangan

Radang yang dapat menyebabkan sakit kepala terus-menerus adalah radang yang berhubungan dengan THT, yaitu sinusitis atau radang sinus, hidung terutama hidung bagian atas, kemudian faringitis atau radang tenggorokan, terakhir adalah radang telinga atau disebut otitis. Jika Anda mengalami salah satu radang THT ini, sebaiknya diperiksakan ke dokter THT supaya sakit kepala Anda juga dapat terobati.

Berikut penyebab sakit kepala lainnya yang wajib Anda ketahui. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Kenali 7 Penyebab Sakit Kepala

`

Neuralgin Rhema

  • Lingkungan sehari-hari

Misalnya adalah asap rokok. Bagi sebagian orang, asap rokok akan memicu sakit kepala karena nikotin yang terkandung di dalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. 

  • Penggunaan obat nyamuk (bakar)

Penggunaan obat nyamuk secara berlebihan di ruangan tertutup bisa menyebabkan sakit kepala. Pada dasarnya obat nyamuk adalah racun, yang dalam jumlah kecil akan membunuh nyamuk. Jika digunakan di ruang tertutup dan dinyalakan semalaman, maka orang juga bisa teracuni.

  • Tidur di ruangan tertutup

Tidur di ruangan tertutup dengan jumlah orang yang banyak  juga memungkinkan terjadinya keracunan karbon dioksida (CO2), yang menyebabkan sakit kepala pada pagi hingga siang hari.

  • Kafein

Kafein dalam kopi bisa mengakibatkan sakit kepala. Hal ini terjadi apabila orang mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir setiap harinya. Kopi memang sering digunakan untuk antinyeri, bahkan beberapa obat sakit kepala menyertakan kafein dalam racikannya. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, kadar kafein dalam darah akan memicu sakit kepala.

0 Komentar

Belum ada komentar