Otot dan Sendi

Mandi Malam Bisa Sebabkan Rematik?

dr. Kartika Mayasari, 06 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

“Jangan mandi malam-malam, nanti bisa rematik, lho!” Benarkah demikian? Baca fakta medisnya di sini!

Mandi Malam Bisa Sebabkan Rematik?

KlikDokter.com – Pasti Anda sering mendengar informasi yang mengatakan bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik. Beberapa orang percaya hal itu sekadar kepercayaan yang belum teruji secara medis, tetapi bagaimana dengan Anda?

Faktanya, mandi malam tidak menyebabkan rematik. Meski demikian, mandi malam dapat memperberat keluhan nyeri rematik Anda. Artinya, bagi Anda yang sudah menderita rematik, sangat tidak dianjurkan untuk mandi malam. Apabila Anda memang ingin mandi, diutamakan untuk mandi dengan air hangat karena rasa dingin akan memperberat nyeri sendi.

Risiko seseorang terkena arthritis meningkat karena usia, sehingga usia memiliki pengaruh besar pada munculnya rematik. Hal ini disebabkan oleh menipisnya lapisan pelindung sendi serta menebalnya pelumas di atas usia 45 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan rematik juga menyerang anak-anak, bahkan bayi.

Setidaknya, satu dari enam orang muda menderita rematik. Bahkan, salah satu jenis penyakit rematik, juvenile rheumatoid arthritis, banyak diderita oleh anak-anak.

Beberapa hal yang menjadi faktor risiko rheumatoid arthritis yaitu umur, obesitas, genetik, hormon, dan merokok.

Jadi, janganlah khawatir untuk mandi malam sepulang dari kantor atau kegiatan lainnya!

Mandi MalamGaya Hidup Sehat Bebas NyeriCara Mencegah RematikRematikradang sendiSendi

Konsultasi Dokter Terkait