Gigi Mulut

Susah Tidur? Segera Periksa Karang Gigi!

Klikdokter, 06 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata, sebuah penelitian mengungkapkan ada hubungan antara gangguan tidur dan kesehatan gigi. Tidak percaya?

Susah Tidur? Segera Periksa Karang Gigi!

Tidur bukanlah sekedar aktivitas rutin yang kita lakukan setiap hari, namun merupakan proses biologis yang sangat kompleks dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain mempertahankan fungsi otak normal, tidur berperan penting dalam mengendalikan sistem tubuh lainnya. Perubahan gaya hidup yang terjadi terutama pada kaum urban yang tinggal di kota besar seringkali menyebabkan kurangnya kuantitas dan kualitas tidur. Hal ini ternyata juga berdampak pada kesehatan rongga mulut, seperti yang dilaporkan pada artikel ilmiah yang dilansir baru-baru ini.

Penelitian ini melibatkan 60 pasien yang berobat ke Department of Periodontology and Oral Implantology, National Dental College and Hospital Dera Bassi India. Setiap pasien mengisi kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) mengenai kualitas dan pola tidurnya sehari-hari. Semakin tinggi skor PSQI, kualitas tidur semakin buruk. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan pada jaringan pendukung gigi pasien, dan dikategorikan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok dengan jaringan pendukung gigi yang sehat, kelompok dengan peradangan gusi (gingivitis), dan kelompok dengan peradangan jaringan periodontal (periodontitis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan rata-rata skor PSQI tertinggi terdapat pada kelompok pasien dengan periodontitis, diikuti dengan kelompok pasien gingivitis, dan skor PSQI terendah pada kelompok dengan jaringan pendukung gigi yang sehat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pasien dengan kualitas tidur yang rendah memiliki jaringan pendukung gigi yang tidak sehat.

Peneliti menjelaskan bahwa gangguan tidur menyebabkan terjadinya gangguan hormon dan modulasi sistem pertahanan tubuh. Kurang tidur juga meningkatkan aktivasi sel limfosit dan merangsang pelepasan sel mediator radang, sehingga mengakibatkan pasien semakin rentan terhadap peradangan dan infeksi. Ditambah lagi jika kebersihan mulut buruk, dengan akumulasi plak dan karang gigi yang banyak di permukaan gigi, maka akan semakin memperparah kejadian gingivitis dan periodontitis.

Lalu Bagaimana Cara Menghindari & Menjaga Kebersihan Gigi dan Karang Gigi? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya:

Susah Tidur? Segera Periksa Karang Gigi!

Lalu Bagaimana Cara Menghindari & Menjaga Kebersihan Gigi dan Karang Gigi?

Tidak terlalu sulit. Cukup ikut beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Hindari Kebiasaan Tidur Larut Malam

Atur secara disiplin waktu tidur Anda. Jangan sampai waktu yang seharusnya Anda beristirahat terpakai untuk hal yang tidak priotitas dilakukan. Jika Anda merasa kesulitan untuk memulai tidur, lakukan beberapa kiat berikut:

  • Atur kenyamanan tempat istirahat. Jangan campur aktivitas bekerja di tempat Anda istirahat.
  • Lenyapkan semua sumber cahaya. Padamkan lampu, matikan semua alat elektronik yang menimbulkan cahaya.
  • Hindari stres dan rutinlah berolahraga.
  1. Pastikan Kebersihan Gigi & Mulut Terjaga

Jangan lupa untuk sikat gigi secara seksama sebelum tidur, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut Anda. (Baca: Jangan Ditiru! Ini Cara Menyikat Gigi yang Salah)

Obat sakit gigiperawatan gigiGigi Rusakgigi patahPenyebab Gigi RusakObat Gigi

Konsultasi Dokter Terkait