Sukses

Benarkah Bawang Putih Dapat Menurunkan Kolesterol?

Bawang putih dianggap memiliki efek positif terhadap kolesterol jahat. Fakta atau mitos, baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Bawang putih sudah lama menjadi penyedap rasa yang unik. Selain itu, bawang putih juga digunakan secara medis karena kandungan arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan pada tahun 1858, ilmuwan Louis Pasteur menjadi bawang putih sebagai antiseptik pencegah gangren selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II

Lantas, apakah bawang putih memang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol?

Studi baru menunjukkan bahwa bawang putih tidak mampu memperbaiki profil kolesterol seseorang. Para peneliti menguji bawang putih mentah dan dua suplemen bawang putih yang berbeda pada hampir 200 orang dewasa dengan tingkat LDL yang cukup tinggi.

Setelah enam bulan, pasien tidak menunjukkan perbaikan dalam kolesterol rata-rata atau lemak darah lainnya. Bahkan suplemen bawang putih atau bawang putih yang dikonsumsi dalam dosis wajar tidak menghasilkan manfaat apa pun pada profil lemak darah.

Namun, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, Anda dapat hidup sehat dengan cara yang lezat dan alami. Misalnya havermut, salmon, kacang-kacangan, anggur merah, dan bayam.

Jangan lupa juga untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti mentega, bacon, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan.

0 Komentar

Belum ada komentar