Sukses

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Mengonsumsi makanan yang kurang baik sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur bahkan insomnia. Baca penjelasan lengkapnya oleh dr. Mega Putri.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Sebenarnya tidak apa-apa jika Anda menyantap makanan ringan sebelum tidur, terutama jika sudah berjam-jam sejak makan malam. Hal itu berguna untuk mencegah Anda kelaparan saat tidur nanti. Namun, walau mengonsumsi makanan ringan diperbolehkan sebelum tidur, bukan berarti Anda bebas makan apa saja yang Anda mau.

Hindarilah makanan yang berminyak atau asin, karena akan sulit dicerna saat Anda tidur. Begitu pula dengan makanan yang pedas atau asam, seperti saus tomat atau jeruk, yang dapat memicu rasa mulas. Es krim juga dapat meningkatkan energi dikarenakan kandungan gula di dalamnya.

Sebaliknya, konsumsi segelas susu hangat sangat baik dilakukan sebelum tidur. Cairan yang hangat dapat membuat Anda mengantuk dengan cara meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, susu mengandung triptofan dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Konsumsi makanan yang ideal sebelum tidur adalah sekitar 200 kalori dan merupakan kombinasi dari karbohidrat ditambah sedikit protein.

Berikut ini komponen-komponen yang dapat dikonsumsi sebelum tidur, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Berikut ini komponen-komponen yang dapat dikonsumsi sebelum tidur:

  • Triptofan

Asam amino ini dapat meningkatkan rasa kantuk dan membantu tubuh untuk  memproduksi hormon serotonin yaitu hormon yang yang dapat membuat Anda merasa tenang dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hormon ini bekerja baik saat lambung kosong atau tidak terlalu banyak mengandung protein di dalamnya. Dibutuhkan sekitar satu jam bagi triptofan untuk mencapai otak, jadi aturlah atau rencanakan waktu camilan yang sesuai. Sumber terbaik untuk tidur: Gandum utuh dan biji-bijian.

  • Melatonin

Melatonin adalah hormon yang terdapat secara alami dan diproduksi dalam jumlah terbatas di dalam tubuh. Pada malam hari, melatonin diproduksi untuk mengatur siklus tidur seseorang, mulai dari munculnya rasa kantuk, tidur, hingga bangun dari tidur. Sumber terbaik untuk tidur: Oatmeal dan buah ceri.

  • Kalsium

Kalsium dapat mengubah triptofan menjadi melatonin. Kalsium juga penting untuk impuls saraf, dan jika kekurangan kalsium tidur Anda pun bisa terganggu. Sumber terbaik untuk tidur: Susu rendah lemak dan yoghurt

  • M?agnesium

Magnesium dapat membantu menurunkan produksi hormon kortisol, yaitu hormon yang keluar jika Anda sedang stres yang dapat menggagalkan tidur malam Anda. Kekurangan magnesium dapat membuat kram otot. Sumber terbaik untuk tidur: Kacang almond dan kacang kenari.

  • Kalium

Penting untuk mencegah kram otot dan restless leg Syndrome, yang dapat membuat Anda tetap terjaga ketika akan tidur. Kekurangan kalium juga bisa menyebabkan insomnia. Sumber terbaik untuk tidur: Pisang dan ubi jalar.

0 Komentar

Belum ada komentar