Sukses

Perbanyak Kalsium Jika Ingin Cepat Langsing

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, konsumsi kalsium juga berpengaruh efektif terhadap penurunan berat badan.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Apakah Anda termasuk orang yang menghindari susu dan produk susu lainnya demi mencegah berat badan naik? Jika ya, Anda perlu mengetahui fakta bahwa terdapat studi yang menunjukkan fungsi tambahan kalsium, yakni untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa ketika seseorang meningkatkan asupan kalsium dalam diet, maka pemecahan lemak juga akan meningkat dan produksi lemak menjadi berkurang. Hasilnya, lemak total akan berkurang.

Beberapa orang juga beranggapan bahwa diet rendah kalori tidak dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Hal itu dikarenakan tubuh akan cepat merasa lapar. Akibatnya, beberapa pelaku diet mengurangi asupan susu dan produk susu yang mereka percaya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Namun sebenarnya, susu merupakan sumber kalsium bagi orang yang ingin diet karena laktosa dalam susu mampu meningkatkan penyerapan kalsium. Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Perbanyak Kalsium Jika Ingin Cepat Langsing

Kalsium disimpan dalam sel lemak yang memainkan peran penting dalam mengatur bagaimana lemak disimpan dan dipecah oleh tubuh. Diperkirakan bahwa lebih banyak kalsium yang ada di sel lemak, maka akan semakin banyak lemak yang akan terbakar. Dengan demikian, pelaku diet akan lebih baik jika mereka mengganti produk susu tinggi lemak dengan susu rendah lemak.

Berapa banyak kalsium yang harus dikonsumsi dan apa saja sumber kalsium yang terbaik?

Menurut National Academy of Sciences, asupan kalsium untuk laki-laki dewasa dan perempuan antara 19 sampai 50 tahun adalah 1000 mg per hari.

Sumber kalsium yang baik meliputi susu dan produk susu lainnya, sayuran berdaun hijau (brokoli, kubis, tapi tidak bayam), kacang kedelai, kacang almond, tahu, wijen, serta ikan yang dapat dimakan dengan tulangnya seperti sarden. Mengonsumsi dua gelas susu rendah lemak per hari memberikan 1000 mg kalsium.

0 Komentar

Belum ada komentar