Sukses

Mengenal Sindrom Fibromyalgia dalam Kehamilan

Apa itu fibromyalgia dan bagaimana cara menanganinya? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Fibromyalgia adalah sindrom kronis yang ditandai dengan nyeri dan kekakuan luas pada jaringan ikat serta otot. Kehamilan dan stres memang dapat memicu fibromyalgia, bahkan kehamilannya sendiri sudah menimbulkan stres – mulai dari kehamilan, persalinan, dan setelah melahirkan. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai fibromyalgia:  

Apakah penyebab fibromyalgia?

Penyebab dari fibromyalgia masih belum diketahui. Meskipun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan dan tidak menyebabkan kerusakan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

Bagaimana fibromyalgia dapat mempengaruhi kehamilan? Halaman berikut penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Mengenal Sindrom Fibromyalgia dalam Kehamilan

Prenagen

Selama kehamilan, hormon di tubuh akan meningkat jumlahnya. Kebanyakan wanita akan mengalami mual, muntah, dan kelelahan terutama selama tiga bulan pertama kehamilan. Gejala fibromyalgia dalam kehamilan sering kali salah diagnosis dan kerap dianggap sebagai bagian normal dari kehamilan.

Wanita hamil dengan fibromyalgia akan mengalami rasa sakit yang signifikan, seperti kelelahan dan stres psikologis terutama selama tiga bulan pertama. Rasa sakit biasanya berasal dari satu lokasi, umumnya leher dan bahu, kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Perawatan apa yang direkomendasikan untuk fibromyalgia dalam kehamilan?

Inilah langkah yang dapat diterapkan untuk meringankan gejala fibromyalgia selama kehamilan:

  • Beristirahat selama 20-30 menit setidaknya 2-3 kali dalam sehari.
  • Mandi dengan air hangat juga dapat meringankan otot yang nyeri.
  • Latihan ringan berupa stretching untuk menjaga kekuatan otot dan sendi.
  • Olahraga renang dapat membuat otot dan sendi yang ada dalam tubuh tetap fleksibel kuat. Olahraga lainnya adalah yoga dan tai chi.

Obat apa sajakah yang dapat dikonsumsi ibu hamil dengan fibromyalgia?

Konsultasikan masalah kesehatan dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan Anda. Anda dapat diberikan paracetamol/acetaminophen sebagai pertolongan pertama jika nyeri dirasa kambuh. 

0 Komentar

Belum ada komentar